Pengujian Kualitas Informasi Laporan Keuangan dan Asimetri Informasi Sebelum dan Setelah Adopsi IFRS.

Edvandini, Levinda (2014) Pengujian Kualitas Informasi Laporan Keuangan dan Asimetri Informasi Sebelum dan Setelah Adopsi IFRS. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan kualitas informasi laporan keuangan dan asimetri informasi sebelum dan setelah adopsi IFRS di Indonesia. Penelitian ini menggunakan value relevance sebagai proksi dari kualitas informasi laporan keuangan dan bid ask spread sebagai proksi dari asimetri informasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 129 perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2008 dan 2012. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis regresi dan uji beda Paired-Sample t Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kualitas informasi laporan keuangan setelah adopsi IFRS dan asimetri informasi mengalami penurunan setelah adopsi IFRS.

English Abstract

This study examines relationship between quality of financial statement information and information asymmetry before and after adoption of IFRS in Indonesia. study uses value relevance as proxy of quality of financial statement information and bid ask spread as proxy of information asymmetry. sample in this research was 129 public companies listed on Indonesia Stock Exchange in period of 2008 and 2012. This hypo sis was tested using regression analysis and Paired-Sample t Test. results showed re is an increasing quality of financial statement information after adoption of IFRS and information asymmetry decreasing after adoption of IFRS.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.3/EDV/p/041402704
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.3 Financial reports (Financial statements)
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 May 2014 14:01
Last Modified: 14 Apr 2022 08:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159142
[thumbnail of Levinda Edvandini.pdf] Text
Levinda Edvandini.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item