Menelusuri Nilai Spiritiual dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Syariah

Sari, AristaFauziKartika (2016) Menelusuri Nilai Spiritiual dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Syariah. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk memahami cara dosen menyampaikan nilai-nilai spiritual melalui metode pembelajaran di kelas peminatan Akuntansi Syariah, serta menemukan konsep metode pembelajaran yang ideal untuk Akuntansi Syariah. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif interpretif. Berdasarkan tujuan penelitian yang ingin dicapai, etnometodologi merupakan metode yang tepat digunakan untuk memahami simbol-simbol dalam praktik pembelajaran yang dilakukan oleh dosen di kelas peminatan Akuntansi Syariah. Hasil dari penelitian ini menemukan enam metode pembelajaran yang menyampaikan nilai spiritual secara teknis maupun filosofis. Keenam metode tersebut adalah metode pembelajaran “Menghias Kelas (dengan Al-Qur`an dan Hadist)” yang menyampaikan nilai spiritual untuk mengkonfirmasi muamalah dari Al-Qur`an dan Hadist. Metode pembelajaran “Penunjuk Arah” yang menyampaikan nilai spiritual dalam moralitas. Metode pembelajaran “Mendorong Pemikiran” yang menyampaikan nilai spiritual yang berpegang pada syariah. Metode pembelajaran “Penghancur (Setan) Kapitalisme” yang menyampaikan nilai spiritual mengkonstruksi. Serta metode pembelajaran “Pencerahan” yang menyampaikan nilai spiritual holistis. Kelima nilai spiritual tersebut diintegrasikan untuk membentuk satu metode pembelajaran bintang di Akuntansi Syariah yaitu metode pembelajaran “KARTIKA”.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.07/SAR/m/2016/041611632
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Jan 2017 09:48
Last Modified: 18 Jan 2017 09:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159134
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item