Kajian Program Aksi Keselamatan Transportasi Jalan: Kasus Zona Selamat Sekolah (ZoSS) dan Potensi Penerapan Lajur Sepeda Motor di Kota Malang

Dalono (2012) Kajian Program Aksi Keselamatan Transportasi Jalan: Kasus Zona Selamat Sekolah (ZoSS) dan Potensi Penerapan Lajur Sepeda Motor di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah keselamatan lalu-lintas merupakan bahasan menarik ditinjau dari sisi kemanusiaan maupun ekonomi. Milyaran rupiah telah dihabiskan akibat kecelakaan lalu-lintas. Jenis kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan lalu lintas sebagian besar adalah sepeda motor diikuti mobil penumpang, kendaraan barang dan bus. Jumlah kecelakaan dari sisi jenjang pendidikan adalah tingkat Sekolah Menengah Atas, diikuti tingkat Sekolah Menengah Pertama tingkat Sekolah Dasar dan Perguruan Tinggi. Untuk mereduksi peningkatan jumlah maupun resiko kecelakaan tersebut di atas dilakukan strategi dan program aksi keselamatan transportasi jalan, diantara program aksinya dengan program Zona Selamat Sekolah (ZoSS) dan program penerapan lajur sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adanya penerapan ZoSS di Kota Malang terhadap perilaku pengguna jalan dan keselamatan anak-anak sekolah serta untuk mengetahui potensi penerapan lajur sepeda motor di ruas jalan utama Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian penerapan ZoSS adalah metode analisis diskriptif, evaluatif dan uji statistik sederhana untuk mengetahui kondisi perilaku penyeberang, perilaku pengendara, kecepatan kendaraan, pemahaman pemakai jalan terhadap ZoSS. Sedangkan untuk penerepan potensi lajur sepeda motor analisis diskriptif evaluative untuk mengetahui kondisi geometrik ruas jalan, karakteristik lalu lintas, dan sekenario lajur sepeda motor. Dari hasil analisis penerapan ZoSS ditemukan penerapan ZoSS masih kurang memberikan pengaruh ”positif” terhadap perilaku pengguna jalan dan keselamatan anak–anak sekolah . Terjadi peningkatan pelanggaran terhadap persyaratan menyeberang dan mengendara/pengantar oleh para pengguna jalan serta perbaikan penurunan kecepatan kendaraan sesaat sebesar 8,63% di lokasi ZoSS dibandingkan evaluasi yang telah dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Malang. Untuk potensi penerapan lajur sepeda motor ditemukan kota Malang berpotensi diterapkan lajur sepeda motor pada ruas jalan Arteri dan kolektor dengan rincian lajur khusus sepeda motor pada ruas jalan Jenderal Basuki Rahmat, Letjend. S Parman dan Mayjend. Sungkono. Sedangkan lajur non khusus (lajur bersama dengan angkutan Kota/Mikrolet) pada ruas jalan Panji Suroso, Kyai Ageng Gribig, Madyo Puro, Mayjend. Sungkono dan Urip Somoarjo.

English Abstract

Traffic safety problems is interesting discussion in terms of humanitarian and matters. Billions of dollars have been spent due to traffic accidents. Types of vehicles involved in traffic accidents are mostly followed by a motorcycle passenger cars, goods vehicles and buses. number of accidents based on level of education is ranked from high school level, followed by secondary school level Primary school level and university. To reduce increasing risks of accidents above, strategies and road transportation safety actions are done. Some of m are school zone program and motorbike lane program implementation. This study aim is to determine effect of Good School Zone application in Malang on behavior of road users and safety of school children and to determine potential application of bike lanes on main roads of Malang. method used in this study is application of analytical methods Good School Zone descriptive, evaluative and simple statistical tests to determine condition of pedestrian behavior, driver behavior, vehicle speed, road user understanding of Good School Zone. As for motorbike lane potential implementation, descriptive evaluative analysis is done to determine geometric conditions of roads, traffic characteristics, and bike lane scenario. From analysis of Good School Zone application, Good School Zone application still can not yet found " positive" influence on behavior of road users to safety of child-school children. re is increase in violation towards requirements of road crossing and driving by road users and towards speed limit in 8,63% around Good School Zone locations compared to evaluation conducted by Malang transport Department. For potential application of motorcycle lane it`s founded that it is possible to motorcycle lane to arterial and collector roads with special motorbike lanes on Gen. Basuki Rahmat, Letjend. S Parman and Mayjend. Sungkono.Street. While for non-specific lanes (lanes along with City transportation/Mikrolet) on Suroso, Kyai Ageng Gribig, Madyo Puro, Mayjend. Sungkono and Urip Somoarjo Sreet.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/629.040 289/DAL/k/041201569
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 629 Other branches of engineering > 629.04 Transportation engineering
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 21 Jun 2012 10:09
Last Modified: 21 Jun 2012 10:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158883
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item