Dampak Pengembangan Pelabuhan Pekanbaru di Kawasan Pasar Bawah

Hasibuan, Syahrial (2011) Dampak Pengembangan Pelabuhan Pekanbaru di Kawasan Pasar Bawah. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelabuhan Pekanbaru adalah pelabuhan sungai yang terletak di bagian Timur Pulau Sumatera, secara administratif merupakan bagian dari Kota Pekanbaru. Secara geografis berada pada posisi 000 32` 29`` LU dan 1010 26` 21`` BT. Alur pelayarannya cukup panjang dengan jarak tempuh 160 Km (96 mil) dari muara Sungai Siak. Pelabuhan Pekanbaru telah berperan sejak lama mendukung perekonomian Pemerintah Kota Pekanbaru serta pengembangan moda transportasi laut yang menghubungkan pulau-ulau dan pelabuhan di kawasan Indonesia bagian Barat. Kawasan Pasar Bawah memiliki fungsi sebagai kawasan perdagangan yang didirikan oleh Raja Siak, yaitu Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazamsyah pada Tahun 1784. Pembangunan kawasan perdagangan Pasar Bawah yang dahulunya bernama Senapelan dan pelabuhannya, bertujuan untuk menghubungkan jalur perdagangan antara Kota Siak dengan kawasan pedalamannya. Terealisasinya kebijakan Pemerintah Kota Pekanbaru pada tahun 2005 untuk mengembangkan Pelabuhan Pekanbaru dengan memindahkan fungsi dan peranan Pelabuhan Pekanbaru ke Kecamatan Limapuluh serta Kota Perawang ternyata memberikan dampak negatif terhadap kegiatan perdagangan di Pasar Bawah. Dampak akibat pengembangan Pelabuhan Pekanbaru tersebut menyebabkan menurunnya arus barang dan kunjungan kapal yang berpengaruh terhadap kawasan perdagangan di Pasar Bawah. Dampak yang terjadi di Kawasan Pasar Bawah di mulai dari menurunnya tingkat pendapatan pedagang, sulitnya dalam distribusi barang atau transportasi, tidak berkembangnya infrastruktur kawasan, berkurangnya pelayanan di pelabuhan dan menurunnya tingkat keamanan di pelabuhan maupun di Kawasan Pasar Bawah. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik Kawasan Pelabuhan Pekanbaru di Kawasan Pasar Bawah, mengidentifikasi dampak pengembangan Pelabuhan Pekanbaru terhadap Kawasan Pasar Bawah dan menyusun arahan pengembangan Pelabuhan Pekanbaru di Kawasan Pasar Bawah. Ruang lingkup penelitian adalah Kawasan Pelabuhan Pekanbaru dengan lingkup wilayah di Kawasan Pasar Bawah yang secara administrative terletak di Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru. Data primer diperoleh melalui pengisian daftar pertanyaan dan observasi langsung ke lapangan dengan menggunakan teknik wawancara dengan responden. Populasi penelitian ini adalah para pedagang di Kawasan Pasar Bawah yang menjadi responden. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dilakukan secara langsung dengan pejabat Pemerintah pengambil keputusan. Teknik analisis data untuk menjawab permasalahan pertama adalah deskriptif kualitatif, dilanjutkan dengan teknik analisis evaluatif untuk mengukur dampak yang terjadi akibat pengembangan Pelabuhan Pekanbaru terhadap Kawasan Pasar Bawah dengan bantuan analisis non parametrik, menggunakan Uji Wilcoxon Signed-Rank . Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah dalam mengembangkan Pelabuhan Pekanbaru ke lokasi baru ternyata berdampak signifikan terhadap Kawasan Pasar Bawah, mulai dari menurunnya tingkat pendapatan pedagang di Pasar Bawah akibat menurunnya pelayanan di pelabuhan, sulitnya para pedagang untuk memperoleh barang dan transportasi barang akibat dari menurunnya infrastruktur pelabuhan, menurunnya infrastruktur pelabuhan akibat kurangnya perhatian pemerintah atas Pelabuhan Pekanbaru yang cenderung lebih memperhatikan kegiatan di Pelabuhan Sei Duku dan Pelabuhan Umum Perawang. Menurunnya pelayanan di Pelabuhan Pekanbaru akibat tidak adanya peremajaan peralatan kerja serta fasilitas pelabuhan dan faktor keamanan di pelabuhan dan Kawasan Pasar Bawah. Analisis Wilcoxon Signed-Rank tentang dampak pengembangan Pelabuhan Pekanbaru terhadap Kawasan Pasar Bawah berdasarkan variabel tingkat pendapatan, transportasi barang, sarana infrastruktur dan keamanan menghasilkan nilai Z hitung Z tabel dan nilai signifikasi 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada dampak pengembangan kawasan pelabuhan Pekanbaru terhadap kawasan Pasar Bawah. Untuk variabel tingkat pelayanan dengan nilai Z hitung 1,093 Z tabel 1,96 dan nilai signifikasi 0,274 0,05, berarti tidak ada dampak dari pengembangan kawasan Pelabuhan Pekanbaru terhadap tingkat pelayanan.

English Abstract

Port of Pekanbaru is a river port located in eastern part of Sumatra island, is administratively a part of city of Pekanbaru. Geographically located at position 000 32 29N and 1010 26 21east longitude. Chronology of a long voyage with distance 160 km (96 miles) from mouth of Siak River. Port of Pekanbaru has acted long ago to support economy Pekanbaru City Government and development of sea transportation mode that connects islands and ports in Indonesias western region. Pasar Bawah Area has a function as a trade area established by King of Siak, namely Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazamsyah Year 1784. Development of Pasar Bawah area which was formerly named Senapelan and its port, aiming to link trade route between City of Siak with its hinterland. Realization of Pekanbaru City Government policy in 2005 to develop Port of Pekanbaru by moving function and role of Port of Pekanbaru to District and City Perawang Fifty turns negative impact on trading activity in Pasar Bawah Area. impact due to development of Port of Pekanbaru caused deterioration of flow of goods and ship visits that affect trade zone in Pasar Bawah Area. Impacts that occur in Pasar Bawah Area at start of fall in level of income traders, difficulty in distribution of goods or transportation, no area of infrastructure development, reduction in services at port and a decreased level of security at ports and in Pasar Bawah Area. purpose of this study is to identify characteristic of Port of Pekanbaru in Pasar Bawah Area, to identify impact of development of Port of Pekanbaru on Pasar Bawah Regions and formulate direction of development in Area Port of Pekanbaru. scope of research is Area Port of Pekanbaru with scope of territory in Pasar Bawah Area which is administratively located in District Senapelan Pekanbaru City. Primary data were collected by filling up a list of questions and observations directly into field by using interviews with respondents. population of this study is traders in area who were respondents in Pasar Bawah Area. Data collection techniques with interviews conducted directly with government officials decision maker. Data analysis techniques to answer first problem is qualitative description, followed by evaluative analysis technique to measure impacts that occur due to development of Port of Pekanbaru on Pasar Bawah Area with help of non-parametric analysis, using Wilcoxon Signed-Rank Test. results showed that government policy in developing Port of Pekanbaru to a new location turned out to have significant effect on Pasar Bawah Area, ranging from reduced levels of income trader at Pasar Bawah deterioration of services at port, difficulty of vendors to obtain goods and transportation of goods resulting from decrease of port infrastructure, a decline in port infrastructure due to lack of government attention on Port of Pekanbaru that tend to pay more attention to activities in Port Sei Duku and Public Harbor Perawang. decline of service in Port of Pekanbaru due to lack of working equipment and renovation of port facilities and safety factors in harbor and Pasar Bawah Area. Wilcoxon Signed-Rank Analysis of impact of development of Port of Pekanbaru on Pasar Bawah Area based on variable level of income, transportation of goods, facilities and security infrastructure to produce value Z count Z tables and significance value 0.05. It can be concluded that re is impact development of port area of Pekanbaru on Pasar Bawah Area. For variable rate services with a value of 1.093 count Z Z tables 1.96 and 0.274 significance value 0.05, meaning re is no impact from development of Port area of Pekanbaru on level of service.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/627.2/HAS/d/041102868
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.2 Harbors, ports, roadsteads / Harbors / Harbors--Planning
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Studi Ketahanan Nasional, Program Pascasarjana
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 25 Jul 2011 10:11
Last Modified: 25 Jul 2011 10:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158793
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item