Pemetaan Potensi Tenaga Air Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro di Wilayah Kepulauan Maluku.

Parera, LoryMarcus (2015) Pemetaan Potensi Tenaga Air Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro di Wilayah Kepulauan Maluku. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemetaan potensi tenaga air merupakan salah satu aspek penting dalam pengelolaan sumber energi baru terbarukan di wilayah kepulauan Maluku. Potensi energi listrik untuk mikro hidro yang saat ini terdata di Maluku hanya mencapai 621 kW, namun tidak lagi termanfaatkan. Jika termanfaatkan potensi ini dapat menyumbang sekitar 1,96% dari total kapasitas pembangkitan saat ini sebesar 31542 kW di 4 kabupaten. Di sisi lain, secara geografis Maluku memiliki potensi tenaga air berupa 320 daerah aliran sungai yang memungkinkan untuk dapat dikembangkan sebagai pembangkit listrik mikro hidro. Untuk memetakan kebutuhan energi listrik di Maluku, pada penelitian ini dilakukan pemetaan potensi tenaga air untuk pembangkit listrik di 4 kabupaten, yaitu kabupaten Buru Utara, Buru Selatan, Seram Bagian Barat dan Maluku Tengah. Pemetaan dilakukan melalui pengukuran debit dan head secara langsung di 13 desa, serta melalui pemanfaatan data curah hujan dan luas daerah aliran sungai dengan estimasi ketinggian/kemiringan dengan Global Mapper dan data Digital Elevation Model (DEM) Maluku di sebanyak 216 desa. Hasil pemetaan menunjukkan bahwa terdapat potensi pembangkitan listrik mikro hidro yang cukup besar sebesar v 5.99 MW yang berada pada 72 desa di 4 kabupaten, dengan range daya 22.22 kW – 196,26 kW Hasil pemetaan potensi tersebut menunjukkan bahwa ketergantungan saat ini pada pembangkit listrik bersumber energi dari bahan bakar minyak ini dapat dikurangi. Berdasarkan proyeksi penyediaan energi listrik oleh PLN 5 tahun mendatang di wilayah Maluku, yaitu sebesar 95,5 MW, maka dengan adanya potensi tenaga air dari hasil analisis ini dapat memberikan kontribusi untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di daerah Maluku. Kata Kunci : mikro hidro, kapasitas generator.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/621.312 134/PAR/p/2015/041501273
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Dec 2015 14:51
Last Modified: 30 Dec 2015 14:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158634
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item