Rancang Bangun Genetor Arus Impuls tipe 8/20μs

Muskita, HalomoanMarthin (2014) Rancang Bangun Genetor Arus Impuls tipe 8/20μs. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sambaran petir yang sering terjadi sangat berdampak pada peralatan elektronik maupun listrik, sehingga perlatan-peralatan tersebut perlu diamankan engan satu peralatan pengaman. Peralatan pengaman juga perlu diuji ketahananya, dan untuk menguji ketahanan peralatan pengaman tersebut diperlukan suatu model petir yang direkayasa untuk pengujian peralatan pengaman tersebut. Sesuai standar yang telah ditetapkan IEC maka pemodelan untuk arus petir adalah 8/20 μs. Generator arus impuls yang direkayasa dengan menggunakan rangkaian RLC sebagai pembangkit gelombang arus impuls. Untuk mencapai tipe gelomabang yang sesuai standar maka nilai komponen dari rangkaian RLC yang akan diatur. Tipe gelomabang arus impuls 8/20 μs yang dibangkitkan oleh generator arus impuls ini juga dapat digunakan untuk pengujian arus transian akibat petir pada komponen yang digunakan sebagai alat bantu maupun penahan penghantar saluran listrik yang bersifat konduktor. Dalam rancang bangun genartor arus impuls, yang dilakukan pertamatama adalah mencari kapasitor, karena nilai kapasitor yang digunakanlah akan dipakai sebagai nilai acuan untuk menghitung nilai awal dari komponenkomponen lain dan juga perhitungan parameter arus impuls. Penetuan material yang digunakan untuk pembuatan komponen generator arus impuls harus mampu megantarkan arus yang tinggi dan juga tahan terhadap panas yang ditimbulkan oleh arus yang tinggi. Nilai komponen yang direkayasa harus sesuai dengan nilai hasil perhitungan atau minimal mendekati dengan toleransi yang kecil, karena hasilnya akan mempengaruhi gelombang impuls yang akan dibangkitkan. Untuk komponen kontak pengisian dan pelepasan juga harus didesian sebaik mungkin untuk menghindari spark akibat pelapasan tegangan yang tinggi, karena ini akan mempengaruhi arus impuls yang dihasilkan.

English Abstract

Lightning strikes very often givea huge impact on electronics and electrical equipments, those equipment refore should be protected. Protective devices should also be tested ir reliability and durability. An engineered lightning model is required for testing ir reliability and durabilitycomply with EC standard of 8/20 μs which is used for modeling lightning current. Impulse current generator is engineered using RLC network as impulse current wave generator. To achieve requirement of anappropiate wave standard n components of RLC network are arranged. This 8/20 μs impulse current wave generated by current impulse generator can also be used to test transient current on components caused by lightning which also can be used as a conductor or resistance of electrical line. steps in designing impulse current generator, firstly is to find a value of a capacitor, because capacitor is used as a reference for calculating initial value of o r components as well as calculation of impulses current parameters. Secondly, selection of material used to build components of impulse current generator must be able to carry high current and also resilient to heat caused by high current. value of components required must be same as calculated result, or at least approaching value with a small tolerance because it will influence generated impulse wave. charging and discharging components contact should also be best designed to avoid spark from high voltage dischargesthat may affect current impulses produced.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/620.106 4/MUS/r/041400970
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 620.1 Engineering mechanics and materials
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 May 2014 15:12
Last Modified: 08 May 2014 15:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158588
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item