Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Kejadian Preeklampsia Berat pada Ibu Post Partum di Ruang Bersalin Rumah Sakit Umum Daerah dr. Moh. Soewandhi Surabaya

Aminoto, LatifiyanNurnaningtiyas (2013) Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Kejadian Preeklampsia Berat pada Ibu Post Partum di Ruang Bersalin Rumah Sakit Umum Daerah dr. Moh. Soewandhi Surabaya. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Preeklampsia berat merupakan gangguan multisistem yang merupakan penyebab kematian maternal dan perinatal di Indonesia. Peran serta tenaga kesehatan yaitu perawat, dokter dan bidan dibutuhkan dalam usaha menurunkan angka kejadian preeklampsia berat. Salah satu usaha yang bisa dilakukan dengan deteksi dini faktor resiko. Perawat instalasi gawat darurat dapat menggunakan teori keperawatan Ernestine Weidenbach dalam memberikan asuhan keperawatan pada pasien dengan preeklampsia berat. Konsep teori keperawatan ini adalah nursing art yang dalam aplikasinya menggunakan pedoman need for help. Pengalaman individu merupakan inti dari nursing art yang dapat dijadikan pedoman perawat dalam memberikan asuhan keperawatan terhadap pasien dimana sesuai dengan tujuan penelitian yaitu memprediksi faktor resiko. Faktor resiko yang digunakan dalam penelitian ini meliputi paritas, riwayat hipertensi, riwayat diabetes, obesitas dan stress psikologis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memprediksi hubungan antara faktor risiko dengan kejadian preeklampsia berat pada ibu post partum. Desain yang digunakan adalah cross sectional. Jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 64 responden, terdiri dari 32 preeklampsia berat dan 32 preeklampsia ringan. Kriteria inklusi sampel yaitu ibu post partum yang merupakan pasien rujukan dan sudah dinyatakan sehat, sedangkan kriteria eksklusinya ibu dengan gemeli. Pengambilan data diperoleh dari rekam medis pasien dan diklarifikasi dengan wawancara pada ibu post partum yang pernah dirawat di ruang bersalin Rumah Sakit Umum Daerah dr. Moh. Soewandhi Surabaya. Analisis hasil penelitian menggunakan analisis regresi logistik sederhana (bivariat) yang dilanjut dengan analisis regresi logistik (multivariat). Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah faktor resiko yang berhubungan dengan kejadian preeklampsia berat pada ibu post partum adalah obesitas dan stress psikologis. Paritas, riwayat hipertensi, dan riwayat diabetes tidak berhubungan dengan kejadian preeklampsia berat pada ibu post partum.

English Abstract

Severe preeclampsia is a multisystem disorder that caused maternal and perinatal mortality in Indonesia. participation of health workers namely nurse, medical doctor and midwife are needed in an effort to reduce incidence of severe preeclampsia. One of efforts whifch could be done is by early detection of risk factors. Emergency department nurses can use nursing ory from Ernestine Weidenbach in providing nursing care to patients with severe preeclampsia. concept of this nursing ory is that nursing art in its application using guidelines need for help. Individual experience is essence of nursing art that can guide nurses in providing nursing care to patients in accordance with purpose of study which predicts risk factors. Risk factors used in this study include parity, history of hypertension, history of diabetes, obesity and psychological stress. purpose of this study is to predict relationship between risk factors with incidence of severe preeclampsia in post partum mo rs. Design used in this study is cross sectional. number of samples obtained as many as 64 respondents, consisting 32 respondents with severe preeclampsia and 32 with mild preeclampsia. Inclusion criteria for sample of postpartum mo rs who are patient referral and are o rwise healthy, whereas exclusion criteria is mo rs with gemeli. Data collection was obtained from patient`s medical records and clarified with an interview with post partum mo rs who had been treated in maternity ward General Hospital dr. Moh. Soewandhi Surabaya. Analysis of results of this study using simple logistic regression analysis (bivariate) which continued with logistic regression analysis (multivariate). conclusion from this study is that risk factors associated with incidence of severe preeclampsia in post partum mo rs is obesity and psychological stress. Parity, history of hypertension, and history of diabetes is not related with incidence of severe preeclampsia in post partum mo rs.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/618.361 32/AMI/f/041307787
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.3 Diseases and complications of pregnancy
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 17 Jan 2014 13:08
Last Modified: 17 Jan 2014 13:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158564
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item