Densitas Mineral Tulang Pasien Karsinoma Payudara Yang Menjalani Kemoterapi Dan Terapi Hormonal Tamoxifen Dibanding Dengan Kontrol Normal Di Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Malang

Nurshanty, Ade (2016) Densitas Mineral Tulang Pasien Karsinoma Payudara Yang Menjalani Kemoterapi Dan Terapi Hormonal Tamoxifen Dibanding Dengan Kontrol Normal Di Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh kemoterapi dan terapi hormonal terhadap densitas mineral tulang pada pasien karsinoma payudara di RSSA Malang Metode: penelitian survey dengan case control cross sectional/analysis.Tiga puluh pasien karsinoma payudara yang sudah menjalani kemoterapi dan terapi hormonal dan 30 wanita normal sebagai kontrol dimasukkan pada penelitian. Dilakukan pemeriksaan DEXA untuk mengetahui nilai densitas mineral tulang dan dievaluasi angka kejadian osteoporosisnya. Hasil: terdapat 53% pasien karsinoma payudara dengan osteopenia dan 13% termasuk osteoporosis, dengan 1 lokasi osteoporosis pada femoral neck pasien dan lumbal (L1-L4) 3 pasien. Pada Tscore great trochanter, dengan Odds Ratio (OR) 0,233 dengan p value 0,008 menunjukkan adanya pengaruh protektif kemoterapi dan terapi hormonal tamoxifen pada Karsinoma Payudara terhadap BMD (bone mineral density). Kesimpulan: proporsi kejadian osteoporosis pada penelitian adalah 13% dengan lokasi terbanyak pada lumbal. Kemoterapi dan terapi hormonal tamoxifen memberi efek protektif terhadap densitas mineral tulang pasien karsinoma payudara di RSSA Malang.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/616.994 49/NUR/d/2016/041603577
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.9 Other disease
Divisions: Profesi Kedokteran > Spesialis Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 25 Jul 2016 13:47
Last Modified: 25 Jul 2016 13:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158475
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item