Tekanan Rerata Arteri, Respon Pupil, dan Frekuensi Pernapasan Sebagai Prediktor Mortalitas Pasien Cedera Otak Berat di IGD RSUD Dr. Iskak Tulungagung.

Girianto, PriaWahyuRomadhon (2015) Tekanan Rerata Arteri, Respon Pupil, dan Frekuensi Pernapasan Sebagai Prediktor Mortalitas Pasien Cedera Otak Berat di IGD RSUD Dr. Iskak Tulungagung. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Trauma menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Setiap tahun ribuan orang meninggal karena trauma, kasus yang mendominasi adalah cedera otak berat. Cedera otak berat merupakan kasus yang paling beresiko menyebabkan kematian dan kecacatan, sehingga dibutuhkan prediktor mortalitas pasien cedera otak berat agar penatalaksanaan lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran tekanan rerata arteri, respon pupil, dan frekuensi pernapasan sebagai prediktor mortalitas pasien cedera otak berat di IGD RSUD Dr. Iskak Tulungagung. Metode yang digunakan korelasional analitik dengan pendekatan kohort prospektif. Didapatkan 37 pasien cedera otak berat yang datang ke IGD pada bulan Juni-Juli 2015. Variabel independen adalah tekanan rerata arteri, respon pupil, dan frekuensi pernapasan, dan variabel dependen mortalitas. Setiap pasien diukur tekanan rerata arteri, respon pupil dan frekuensi pernapasan saat pemeriksaan awal di IGD. Dilakukan follow up sampai 72 jam untuk melihat mortalitas pasien. Data dianalisis dengan metode regresi logistik (α = 0,05). Hasil analisis menunjukan adanya hubungan antara ketiga variabel indepeden dengan mortalitas. Tekanan rerata arteri (p-value = 0,03; OR = 34,697), respon pupil (p-value = 0,033; OR = 0,056), frekuensi pernapasan (p-value = 0,018; OR = 0,145). Dapat disimpulkan bahwa tekanan rerata arteri, respon pupil, dan frekuensi pernapasan dapat digunakan sebagai prediktor mortalitas pasien cedera otak berat. Tekanan rerata arteri, respon pupil, dan frekuensi pernapasan merupakan prediktor yang baik untuk outcome cedera otak berat, karena ketiga elemen ini dapat menggambarkan kondisi otak pada saat pemeriksaan. Perawat sebaiknya melakukan pemeriksaan awal meliputi tekanan rerata arteri, respon pupil, dan frekuensi pernapasan agar penatalaksaan pasien lebih optimal. Kata Kunci : Tekanan Rerata Arteri, Respon Pupil, Frekuensi Pernapasan, Mortalitas, Cedera Otak Berat.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/616.8/GIR/t/2015/041507066
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.8 Diseases of nervous system and mental disorders
Divisions: S2/S3 > Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Oct 2015 10:21
Last Modified: 21 Oct 2015 10:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158421
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item