Manifestasi Gambaran Foto Polos dan Ultrasonografi terhadap Nilai Constant dan Visual Analog Scale pada Pasien dengan Tendinitis Kalsifikan Bahu (Studi di RSU dr. Saiful Anwar Malang)

Aslam, AchmadBayhaqiNasir (2011) Manifestasi Gambaran Foto Polos dan Ultrasonografi terhadap Nilai Constant dan Visual Analog Scale pada Pasien dengan Tendinitis Kalsifikan Bahu (Studi di RSU dr. Saiful Anwar Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar Belakang: Tendinitis kalsifikan merupakan suatu deposisi kalsium pada tendon akibat hipoksia dan stress mekanik, paling banyak terjadi pada tendon rotator cuff bahu. Foto polos dan ultrasonografi bahu dapat digunakan untuk memperkirakan posisi, ukuran, dan fase kalsium. Tujuan: untuk menilai efektivitas penggunaan modalitas USG dan foto polos dalam mengevaluasi kalsium pasien dengan tendinitis kalsifikans bahu dan mengkaitkannya dengan hasil pemeriksaan klinis berupa skor Constant dan Visual Analog Scale (VAS). Metode: desain penelitian berupa analitik observasional dengan pendekatan secara studi cross-sectional dengan metode pengambilan sampel secara konsekutif mulai Juli sampai September 2011. Sebanyak 15 bahu dari 14 pasien diperiksa pada penelitian ini. Variabel independen penelitian ini berupa ukuran dan fase kalsium yang terlihat pada foto polos dan USG, sedangkan variabel dependen antara lain penurunan kemampuan aktivitas sehari-hari (Constant) dan tingkat nyeri (VAS). Uji Chi-square dan t-test digunakan untuk mengetahui perbedaan antara variabel dependen dan independen dengan tingkat kepercayaan 95 %. Hasil: semua kalsium tampak pada USG, namun 3 (19,7%) diantaranya tidak tampak pada foto polos. Kalsium yang terdeteksi pada foto polos kebanyakan berukuran kecil (66,7 %), berada pada fase formatif (40 %) dan resorptif (40%). Kalsium yang terdeteksi pada USG kebanyakan berukuran kecil (73,3 %) dan 66,7 % diantaranya berada pada fase resorptive. Terdapat kecenderungan bahwa USG lebih sensitif untuk mengevaluasi kalsium pada tendon bahu daripada foto polos. Analisis statistik (chi-square dan t-test) menunjukkan nilai p 0,05 untuk asosiasi seluruh variabel. Kesimpulan: Foto polos dan USG sama pentingnya dan saling melengkapi dalam menunjang diagnosis pasien tendinitis kalsifikan bahu.

English Abstract

Background: Calcific tendinitis is a calcium deposition in tendon which is stimulated by hypoxia and mechanical stress. It happens mostly in shoulder rotator cuff tendon. Radiograph and sonograph can be used to evaluate calcium position, size, and phase. Objective: To use radiography and sonography to evaluate phase and size of shoulder calcific tendonitis and to associate with constant and visual analog scale (VAS) value. Methods: analytic observational with cross sectional study using consecutive sampling was done from July until September 2011. re were 15 shoulders from 14 patients examined in this study. Independent variables were calcium size and phase observed in radiograph and sonograph. Dependent variables were daily activities impairment level (Constant) and pain level (VAS). Chi-square and t-test were used to know difference between dependent and independent variable with 95% confidence interval. Results: All of calcium deposits were visualized on sonography, but 3 (19,7 %) of m were non visualized on radiography. detected calcium on radiography were mostly small (66,7%), in formative (40%) and resorptive (40%) phase. detected calcium in sonography were mostly small (73,3%) and 66,7 % of m in resorptive phase. re was tendency that sonography was more sensitive to evaluate shoulder calcific tendon than radiograph. statistic analysis (chi-square and t-test) show p 0,05 for association of all variables. Conclusions: Radiograph and sonograph are equally important and complementary in diagnosing shoulder calcific tendinitis patients.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/616.75/ASL/m/041200407
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.7 Diseases of musculoskeletal system
Divisions: Profesi Kedokteran > Spesialis THT Kepala dan Leher, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 22 May 2012 10:54
Last Modified: 22 May 2012 10:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158398
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item