Pengaruh Pembelajaran High Qualitycardiopulmonary Resuscitation For Adult Berbasis Game Terhadap Kemampuan Kognitif Dan Psikomotor Mahasiswa S1 Keperawatan

Rahmawati, Eny (2015) Pengaruh Pembelajaran High Qualitycardiopulmonary Resuscitation For Adult Berbasis Game Terhadap Kemampuan Kognitif Dan Psikomotor Mahasiswa S1 Keperawatan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) adalah tindakan dalam kegawatdaruratan pada pasien dengan cardiac arrest , yang mampu meningkatkan angka survival rate sampai dengan 33%. Keterlambatan dalam melaksanakan high quality CPR dapat mengakibatkan komplikasi bahkan kematian pada pasien cardiac arrest, sehingga high quality CPRsangat dibutuhkan dalam pertolongan pertama sebelum pertolongan lanjutan. Perawat sebagai salah satu tenaga kesehatan yang mempunyai otonomi dan tanggung jawab harus kompeten dalam pemberian tindakan high quality CPR. Pencapaian kompetensi tersebut dimulai sejak menjadi mahasiswa keperawatan. Pada era millennium seperti sekarang ini, mahasiswa keperawatan dituntut untuk beradaptasi terhadap kemajuan teknologi. Pendidikan keperawatan diharapkan mempunyai strategi pembelajaran yang inovatif yang dapat memaksimalkan penyerapan materi oleh mahasiswa. Hal ini memberikan tantangan kepada dosen untuk review kurikulum dan menggunakan pendekatan pembelajaran kinestetik seperti pengabungan video, grafik, suara dalam perkuliahan. Salah satu metode yang efektif adalah game karena mengandung prinsip-prinsip pembelajaran dan teknik instruksional yang interaktif sehingga berguna untuk meningkatkan perhatian mahasiswa dalam proses pembelajaran. Model kuis dalam games dapat memberikan keuntungan kepada instruktur untuk memberikan tes formatif yang bertujuan mengetahui hasil dari proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran berbasis game terhadap kemampuan kognitif dan psikomotor mahasiswa S1 Keperawatan dalam melaksanakan high quality CPR for adult . Metode yang digunakan adalah quasy experiment dengan rancangan pre and post test control group design. Desain ini digunakan untuk membandingkan hasil intervensi dua kelompok yaitu kelompok yang mendapat perlakuan dan kelompok kontrol. Perlakuan yang diberikan adalah pembelajaran high quality CPR dengan berbasis game. Lokasi penelitian di STIKes Kendedes Malang. Jumlah populasi adalah mahasiswa S1 Keperawatan semester V dengan jumlah 57 mahasiswa Hasil uji menggunakan metode Mann-whitney didapatkan p :0,176 (p0,05) pada analisa kemampuan kognitif sebelum perlakuan dan p : 0,816 (p0,05) pada analisa kemampuan kognitif setelah perlakuan. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaaan kemampuan kognitif setelah perlakuan baik kelompok komtrol maupun perlakuan. Hal ini berarti pada kedua kelompok sebelum dan sesudah perlakuan memiliki kemampuan kognitif rata-rata yang sama. Hasil uji menggunakan metode Mann-whitney didapatkan p :0,939(p0,05) pada analisa kemampuan psikomotor sebelum perlakuan, hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan ketrampilan sebelum diberikan perlakuan. Hasil analisa data kemampuan psikomotor setelah perlakuan p : 0,000 (p 0,05), hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaaan yang signifikan kemampuan psikomotor setelah perlakuan. Hal ini berarti pada bahwa metode pembelajaran berbasis game dapat meningkatkan kemampuan psikomotor mahasiswa. Metode games merupakan strategi pembelajaran yang efektif untuk pembelajaran mahasiswa serta dapat meningkatkan kognitif, da psikomotor. Penggunaan digital games berpotensi untuk melengkapi pembelajaran aktif, namun demikian media ini relatif belum dimanfaatkan secara maksimal di pendidikan tinggi khususnya di bidang keperawatan. Salah satu kendala penerapan metode ini adalah terbatasnya sumber daya manusia yang mampu menggabungkan ilmu keperawatan dan bidang informasi teknologi, selain itu metode ini memerlukan waktu dan biaya yang cukup tinggi untuk menghasilkan produk media sesuai dengan materi yang dimaksudkan. Untuk meminimalisir kendala diatas diperlukan penambahan kurikulum informasi teknologi keperawatan, sehingga mahasiswa dan dosen mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan dan keperawatan untuk menciptakan strategi belajar inovatif.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/616.102 5/RAH/p/2015/041505065
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.1 Diseases of cardiovascular system
Divisions: S2/S3 > Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 31 Aug 2015 09:28
Last Modified: 31 Aug 2015 09:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158272
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item