Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Self Efficacy Perawat Dalam Melaksanakan Resusitasi Pada Pasien Henti Jantung Di Igd Rsud Dr. R. Koesma Tuban

Ferianto, Kusno (2016) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Self Efficacy Perawat Dalam Melaksanakan Resusitasi Pada Pasien Henti Jantung Di Igd Rsud Dr. R. Koesma Tuban. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Henti jantung merupakan kasus kegawatdaruratan yang dapat mengancam jiwa jika tidak mendapatkan penanganan yang segera dan baik dari perawat. Self efficacy perawat menjadi factor yang berpengaruh terhadap keberhasilan dalam melaksanakan resusitasi henti jantung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahu faktor yang mempengaruhi self efficacy perawat dalam melaksanakan resusitasi pada henti jantung. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik korelatif dengan pendekatan cross sectional terhadap 30 Perawat IGD RSUD dr. R. Koesma Tuban. Pengumpulan data menggunakan tehnik total sampling dengan .Instrumen yang digunakan kuisioner standar Perawat Karir, Olso Support score (OSS-3), Percevied Stress Scale (PSS), General Self Efficacy Score (GSS). Analisis menggunakan uji koefisien kontingensi dan regresi logistik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat hubungan antara mastery experience dan verbal persuasif dengan self efficacy perawat dalam melaksanakan resusitasi henti jantung. Koefisien signifikansi yang dihasilkan sebesar Mastery experience (p=0,043) dan verbal persuasif (p=0,039). dimana lebih kecil dari 0,05 sehingga menimbulkan hubungan yang bermakna. Uji regresi logistic menunjukkan Kekuatan hubungan dari yang terbesar ke yang terkecil adalah Mastery experience (OR=0,076) dan verbal persuasif (OR=0,068), dengan kalibrasi yang baik (p=0,080), nilai diskriminasi AUC menunjukan 85,4% mampu membedakan self efficacy berdasarkan variabel mastery experience. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Mastery Experience atau pengalaman kesuksesan perawat merupakan factor yang dominan dalam mempengaruhi self efficacy. Oleh karena itu, perawat perlu meningkatkan self efficacy dalam melaksanakan resusitasi pada henti jantung dengan cara pelatihan dan pendidikan yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/616.025/FER/a/2016/041611262
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases
Divisions: S2/S3 > Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 30 Jan 2017 09:39
Last Modified: 30 Jan 2017 09:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158221
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item