Pengaruh Pemberian Monoklonal Antibodi Bovine Zona Pelusida 3 Terhadap Ekspresi B Cell Lymphoma 2 Sel Granulosa Dan Diameter Folikel Mencit (Mus Musculus)

Ayue, HetiIra (2015) Pengaruh Pemberian Monoklonal Antibodi Bovine Zona Pelusida 3 Terhadap Ekspresi B Cell Lymphoma 2 Sel Granulosa Dan Diameter Folikel Mencit (Mus Musculus). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kontrasepsi konvensional yang digunakan saat ini masih menimbulkan berbagai efek samping bagi penggunanya sehingga dikembangkanlah imunokontrasepsi yang diharapkan menjadi bahan kontrasepsi yang lebih aman dan reversibel. Salah satu kandidat imunokontrasepsi yang sedang dikembangkan saat ini adalah monoclonal antibodi b ZP3 yang dimiliki keunggulan yaitu spesifisitasnya lebih baik sehingga diharapkan lebih efektif dan aman sebagai salah satu syarat dalam pengembangan bahan imunokontrasepsi. Penelitian dilakukan di Laboratorium Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang dan Laboratorium Patologi Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Surabaya pada bulan September-Desember 2014. Penelitian ini dilakukan secara in vivo pada 36 ekor mencit ( Mus musculus ) Galur Babl/c. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian Mab b ZP3 pada berbagai waktu pengamatan terhadap penurunan ekspresi BCL-2 sel granulosa dan diameter folikel mencit (Mus musculus) . Metode penelitian ini adalah True Eksperimen dengan pedekatan Post Only Control Group Design . Sampel selanjutnya dikelompokan menjadi 6 (enam) kelompok yaitu kelompok 1-3 adalah kelompok kontrol yang diberi 50μl Phospatase Buffer Salin (PBS) dan kelompok 4-6 adalah kelompok perlakuan yang diberi 50 μl Mab- b ZP3. Selanjutnya dilakukan pembedahan pada hari ke 5 untuk kelompok 1 dan 4, hari ke 10 kelompok 2 dan 5 serta hari ke 20 untuk kelompok 3 dan 6. Ekspresi BCL-2 sel granulosa diamati dengan imunohistokimia sedangkan diameter folikel diamati dengan pewarnaan Hematoxiclin Eosin. Analisis statistik dengan Nested ANOVA menunjukan perbandingan rerata ekspresi BCL-2 pada pengamatan hari ke 5 dan hari ke 20 pada folikel pre antral dan antral antara kelompok kontrol dan perlakuan didapatkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan ( p value 0,05 ). Untuk pengamatan hari ke 10 pada folikel pre antral tidak terdapat perbedaan yg signifikan, berbeda pada folikel antral yang menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan (p value 0,05). Demikian juga hasil perbandingan rerata diameter folikel pada pengamatan hari ke 5, 10 dan 20 folikel pre antral dan antral antara kelompok kontrol dan perlakuan didapatkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan ( p value 0,05 ). Simpulan dari penelitian ini adalah pemberian Monoklonal Antibodi Bovine Zona Pelusida 3 (Mab b ZP3) pada pengamatan hari ke 5 dan 20 tidak berpengaruh menurunkan ekspresi BCL-2 pada folikel pre antral dan antral mencit. Sedangkan pada pengamatan hari ke 10 pemberian Mab b ZP3 juga tidak berpengaruh menurunkan ekspresi BCL-2 pada folikel pre antral akan tetapi menurunkan ekspresi BCL-2 pada folikel antral. Demikian juga pada pengamatan hari ke 5,10 dan 20 pemberian Mab b ZP3 tidak berpengaruh menurunkan diameter folikel pre antral dan antral mencit. Hasil tersebut memberi kesan bahwa Mab b ZP3 berpotensi untuk dikembangkan menjadi sediaan bahan imunokontrasepsi yang aman.

English Abstract

Conventional contraception that is used today produce various side effects to users so it is developed imunocontraception that expected become safer and reversible contraception. One of imunocontraception candidate that is developed today is bZP3Monoclonal Antibodies that has advantages that is better pecifity so it is expected to be more effective and safe as one of requirements in developing immunocontraception. research was done in Parasitological Laboratory of Medical Faculty of Brawijaya University Malang and Veterinary Pathological Laboratory of Veterinary Faculty of Airlangga University Surabaya from September-December 2014. animal model of this study is 36 mice ( Mus musculus ) of Babl/c strain. This study aimed to evaluate effect of ZP3 monoclonal antibody against BCL-2 expression and mice follicle diameter in various time. method was true experiment with post only control group design approach. samples n were grouped into 6 (six) groups that was group 1-3 as control group given 50 m l Phospatase Buffer Salin (PBS) and group 4-6 as treatment group given 50 ul Mab-bZP3. n it was done dissection at 5 th day for group 1 and group 4, 10 th day for group 2 and 5, and 20 th day for group 3 and 6. BCL-2 expression of granulose cell was observed by immunohistochemistry while follicle diameter was observed by hematoxiclin eosin . Statistical analysis by Nested ANOVA comparison results of expression mean of BCL-2 at 5 th and 20 th day observation at pre antral and antral follicle between control and treatment group, re was no significant differences (p value 0.05). For observation at 10 th day pre antral follicle showed no significant differences (p value 0.05). And also comparison results of mean of follicle diameter at 5 th , 10 th , and 20 th day of pre antral and antral follicle between control and treatment group showed no significant differences (p value 0.05. conclusion is giving of bZP3 monoclonal antibodies at 5 th and 20 th day observation did not decreased expression of BCL-2 at pre antral and antral follicle of mice. While at 10 th day observation giving of Mab ZP3 also did not decrease BCL-2 expression at pre antral follicle but decrease BCL-2 expression at antral follicle. And also at 5 th , 10 th , 20 th day observation bZP3 monoclonal antibodies giving did not decrease diameter of pre antral and antral follicle of mice. results implied that Mab bZP3 has potentials to be developed as safe immunocontraception preparation.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/615.766/AYU/p/2015/041501223
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.7 Pharmacokinetics
Divisions: S2/S3 > Magister Kebidanan, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 19 May 2015 09:07
Last Modified: 19 May 2015 09:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158177
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item