Pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik Terhadap Peningkatan Perkembangan Motorik Dan Emosi Anak Usia Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Sumbersari 1 Malang

Pangaribuan, Helena (2016) Pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik Terhadap Peningkatan Perkembangan Motorik Dan Emosi Anak Usia Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Sumbersari 1 Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah kesehatan jiwa merupakan masalah global yang dihadapi dunia dan dapat terjadi pada anak usia sekolah. Perkembangan anak usia sekolah/ Middle Childhood berada pada rentang usia 6-12 tahun disebut potensi berkarya versus harga diri rendah. Perkembangan motorik dan emosi sangat penting untuk membentuk kepribadian dan kepercayaan diri. Beberapa penelitian menyebutkan kegagalan dalam mencapai tugas perkembangan dapat menyebabkan anak rendah diri dan mempengaruhi tahap perkembangan berikutnya. Oleh karena itu, dibutuhkan terapi kelompok terapeutik untuk meningkatkan perkembangan motorik dan emosi anak usia sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh terapi kelompok terapeutik terhadap peningkatan perkembangan motorik dan emosi. Desain pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan rancangan uji klinis/ eksperimental terencana Pre-Post Test With Control Group. Jumlah sampel sebanyak 18 responden pada masing-masing kelompok dengan tekhnik Simple Randomization. Hasil uji T Test terdapat perbedaan perkembangan motorik dan emosi antara sebelum dan sesudah terapi kelompok terapeutik pada kelompok perlakuan (nilai P=0,001). Pada kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan perkembangan motorik ( nilai P=0,67) dan emosi antara sebelum dan sesudah terapi (nilai P=0,53). Terdapat perbedaan antara kelompok kontrol dan perlakuan setelah diberikan terapi kelompok terapeutik. Artinya ada pengaruh pemberian terapi kelompok terapeutik terhadap perkembangan motorik dan emosi anak usia sekolah dengan (p-value 0,05). Pemberian pelayanan kesehatan perlu meningkatkan upaya promosi kesehatan jiwa berbasis komunitas melalui terapi kelompok terapeutik untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan mental.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/615.542/PAN/p/2016/041607150
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.5 Therapeutics
Divisions: S2/S3 > Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 09 Jan 2017 08:55
Last Modified: 09 Jan 2017 08:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158173
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item