Aplikasi Imunostimulan Dari Fraksi Caulerpa Racemosa Dalam Meningkatkan Respon Imun Nonspesifik Pada Ikan Gurame (Osphronemous Gouramy) Terhadap Infeksi Aeromonas Hydrophila

Yuniarti, DesyWindia (2015) Aplikasi Imunostimulan Dari Fraksi Caulerpa Racemosa Dalam Meningkatkan Respon Imun Nonspesifik Pada Ikan Gurame (Osphronemous Gouramy) Terhadap Infeksi Aeromonas Hydrophila. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada budidaya ikan gurame secara intensif, kendala yang sering muncul adalah timbulnya penyakit yang disebabkan oleh bakteri A. hydrophila. Upaya penanggulangan yang dapat dilakukan adalah dengan pemberian antibiotik. Namun pemberian bahan tersebut dalam jangka waktu lama akan berdampak negatif yaitu menyebabkan resistensi bakteri terhadap antibiotik yang telah diberikan, akumulasi antibiotik dalam jaringan ikan dan terjadi pencemaran terhadap lingkungan. Oleh karena itu, alternatif lain yang dapat dilakukan adalah dengan pemberian imunostimulan alami untuk meningkatkan kekebalan tubuh ikan gurame. Pemberian imunostimulan alami dari rumput laut jenis C. racemosa diduga dapat meningkatkan respon imun nonspesifik pada ikan gurame. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan jenis senyawa aktif yang terkandung dalam fraksi terbaik C. racemosa dan mengetahui pengaruh pemberian dosis fraksi C. racemosa terhadap respon imun nonspesifik meliputi total leukosit, diferensial leukosit, makrofag dan aktifitas fagositosis pada ikan gurame sebelum dan setelah terinfeksi bakteri A. hydrophila. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Karakterisasi senyawa aktif fraksi C. racemosa menggunakan spektrofotometri UV-Vis, FTIR dan LCMS. Perlakuan dalam penelitian ini adalah pemberian fraksi C. racemosa dengan dosis 0,5 ppt, 1 ppt, 1,5 ppt serta kontrol sebagai pembanding yang diulang sebanyak 3 kali. Analisa data menggunakan uji ANOVA. Parameter uji meliputi total leukosit, diferensial leukosit, makrofag dan aktifitas fagositosis pada ikan gurame sebelum dan setelah terinfeksi bakteri A. hydrophila. Karakterisasi senyawa aktif fraksi C. racemosa berdasarkan hasil UV-Vis menunjukkan adanya senyawa aktif dengan serapan kuat pada panjang gelombang 268,00 dan 341,40 nm. Hasil FTIR menunjukkan adanya senyawa aktif dengan gugus hidroksil (OH), gugus aromatik (C=O), gugus alifatik (C-H) serta gugus karbonil (C=C). Hasil LCMS menunjukkan adanya senyawa aktif dengan m/z sebesar 357,851. Jika digabungkan maka dapat disimpulkan bahwa senyawa aktif fraksi C. racemosa adalah golongan flavonoid. Hasil analisa data berdasarkan uji ANOVA menunjukkan bahwa pemberian fraksi C. racemosa berpengaruh nyata (p 0,05) terhadap total leukosit, diferensial leukosit, makrofag dan aktifitas fagositosis pada ikan gurame.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/597.7/YUN/a/2015/041502088
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 597 Cold-blooded vertebrates > 597.7 Perciformes
Divisions: S2/S3 > Magister Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 May 2015 15:28
Last Modified: 22 May 2015 15:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157882
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item