Efektivitas Pasal 63 Ayat ( 1 ) Undang – Undang No 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan Di Kota Malang (Studi Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Malang)

Lestari, Nindya Agung (2017) Efektivitas Pasal 63 Ayat ( 1 ) Undang – Undang No 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan Di Kota Malang (Studi Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai Pasal 63 Ayat (1) Undang – Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan di Kota Malang yang penelitiannya berlokasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang, tujuan dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui, mendiskripsikan, dan menganalisis Efektivitas Pasal 63 Ayat (1) Undang – Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan di Kota Malang, dan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis hambatan dan solusi yang dihadapi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang dalam melaksanakan program KTP – El . Jenis penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris dimana penelitian ini hendak mengkaji dan menganalisis Efektivitas Pasal 63 Ayat (1) Undang – Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan di Kota Malang dan menggunakan metode penelitian yuridis sosiologis . Jenis pendekatan ini dilakukan sebagai usaha mendekati masalah yang diteliti dengan sifat hukum yang nyata atau sesuai dengan kenyataan di masyarakat. Secara yuridis, penelitian ini mengkaji Efektivitas Pasal 63 Ayat (1) Undang – Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan di Kota Malang. Hasil dari pengumpulan data menunjukkan bahwa Efektivitas pasal 63 Ayat (1) Undang – Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan di Kota Malang dari segi faktor hukum telah sesuai dengan peraturan ini, kemudian dari faktor penegak hukum masih belum efektif, dari faktor sarana dan fasilitas masih belum efektif, dari faktor masyarakat belum efektif, dan dari faktor kebudayaan belum efektif. Sementara hambatan yang dihadapi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang adalah dari faktor penegak hukum, faktor sarana dan fasilitas, faktor masyarakat. Solusi yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang adalah Membuka Pelayanan di hari Sabtu dan Minggu, Memberikan Surat Keterangan sebagai pengganti KTP – El, Memberikan Sosialisasi tentang cara pembuatan KTP – El ke Rukun Tetangga (RT) Rukun Warga (RW), dan Membuka pelayanan KTP – El di kelurahan – kelurahan.

English Abstract

In writing this essay the author discusses the Article 63 Paragraph (1) of the constitution Number 24 Year 2013 Concerning The Administration in Malang whose research is located in the Department of Population and Civil Registration Malang, the purpose in this paper is to investigate, describe and analyze The Effectiveness Of Article 63 Paragraph (1) Of The Constitution Number 24 Year 2013 Concerning The Administration In Malang, and to know, describe and analyze the barriers and solutions faced by the Department of Population and Civil Registration Malang in implementing the programme eletronic identity card. This type of research is empirical juridical where this research want to study and analyze the effectiveness of Article 63 Paragraph (1) of the constitution Number 24 Year 2013 Concerning The Administration in Malang and juridical sociological research methods. This type of approach taken in an effort to approach the issues examined by the nature of the real law or in accordance with the reality in the community. Legally, this study examines the effectiveness of Article 63 Paragraph (1) of the constitution Number 24 Year 2013 Concerning The Administration in Malang. The results of the data collection showed that the effectiveness of Article 63 Paragraph (1) of the constitution Number 24 Year 2013 Concerning The Administration in Malang in terms of legal factors in accordance with this rule, and then from law enforcement apparatus is still not effective, of factors means and facilities is still not effective, yet effective from community factors, and of the cultural factors have not been effective. While the barriers faced by the Department of Population and Civil Registration Malang is of the law enforcement apparatus, facilities and infrastructure factors, community factors. Solution by the Department of Population and Civil Registration Malang are Open Services on Saturday and Sunday, Giving Certificate as a replacement electronic identity card , provide socialization on how electronic identity card to the Neighborhood, Citizens Association and Opening the electronic identity card service in the village - the village.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2017/138/051705704
Subjects: 300 Social sciences > 348 Laws, regulations, cases > 348.598 Laws, regulations, cases (Indonesia)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 23 Aug 2017 08:01
Last Modified: 26 Nov 2020 12:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1577
[thumbnail of Bagian Depan (1).pdf]
Preview
Text
Bagian Depan (1).pdf

Download (849kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (516kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (398kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (560kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (351kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item