Merancang Model Matematika Berdasar Pendekatan Path Analysis Pada Nilai Un Di Man Wlingi Blitar

Endarwati (2016) Merancang Model Matematika Berdasar Pendekatan Path Analysis Pada Nilai Un Di Man Wlingi Blitar. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan merupakan faktor terpenting untuk kemajuan suatu bangsa. Salah satu parameter dari pendidikan formal adalah nilai ujian nasional(UN). Banyak faktor yang mempengaruhi nilai ujian nasional. Pada tesis ini diteliti faktor-faktor yang mempengaruhi baik langsung maupun tidak langsung terhadap nilai UN. Salah satu model yang tepat untuk digunakan pada penelitian ini adalah model path analysis. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang suatu model matematika yang dapat digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap nilai ujian nasional di MAN Wlingi Blitar berdasarkan path analysis dan mengetahui seberapa besar pengaruh langsung dan tidak langsung nilai UH, UTS, UAS dan Rapor terhadap nilai hasil UN. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata ulangan harian siswa selama 3 tahun, nilai rata-rata UTS siswa selama 3 tahun, nilai rata-rata UAS selama 3 tahun, nilai rata-rata rapor selama 3 th dan nilai UN, dari jurusan IPA dan IPS. Penelitian pada siswa IPA menunjukkan bahwa nilai UAS tidak berpengaruh pada nilai rapor dan nilai UN, sedangkan pada siswa IPS menunjukkan bahwa nilai ulangan harian dan nilai rapor tidak mempengaruhi nilai UN. Pemodelan pada siswa IPA didapat bahwa model dapat menjelaskan 90.06% informasi yang terkandung dalam data, sedangkan model pada siswa IPS dapat menjelaskan 99.14% informasi yang terkandung dalam data. Pada siswa IPA, pengaruh langsung UH ke UTS sebesar 0.401, pengaruh langsung UH ke UAS sebesar 0.389 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0.106, pengaruh langsung UH ke rapor sebesar 0.407 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0.175, pengaruh langsung UTS ke UAS sebesar 0.264, pengaruh langsung UTS ke rapor sebesar 0.437, pengaruh langsung UH ke UN sebesar 0.247 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0.065 (jika melalui jalur UTS ke rapot) dan 0.151 (jika melalui jalur rapot), pengaruh langsung UTS ke UN sebesar 0.247 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0.162, serta pengaruh langsung rapor ke UN sebesar 0.371. Pada siswa IPS, pengaruh langsung UH ke UTS sebesar 0.616, pengaruh langsung UH ke UAS sebesar 0.268 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0.4, pengaruh langsung UH ke rapor sebesar 0.233 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0.244 (jika melalui jalur UTS) dan 0.116 (jika melalui jalur UAS), pengaruh langsung UTS ke UAS sebesar 0.649, pengaruh langsung UTS ke rapor sebesar 0.396, pengaruh langsung UAS ke rapor sebesar 0.432, pengaruh langsung UH ke UN sebesar -0.286 dan pengaruh tidak langsung sebesar -0.128 (jika melalui jalui UTS ke UAS) dan -0.085 (jika melalui jalur UAS), serta pengaruh langsung UAS ke UN sebesar 0.319.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/511.8/END/m/2016/041611368
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 511 General principles of mathematics > 511.8 Mathematical models (Mathematical simulation)
Divisions: S2/S3 > Magister Matematika, Fakultas MIPA
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 06 Feb 2017 14:24
Last Modified: 06 Feb 2017 14:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157436
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item