Pemodelan Fuzzy Logic Control Sebagai Pengendali Pwm Pada Buck Converter Untuk Led Driver

Himawan, HelmyMukti (2016) Pemodelan Fuzzy Logic Control Sebagai Pengendali Pwm Pada Buck Converter Untuk Led Driver. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perubahan tegangan AC ke tegangan DC secara umum membutuhkan 3 proses yaitu rangkaian rectifier, filtering dan regulating. Jenis rectifier yang dipakai adalah full wave rectifier dan regulating yang digunakan adalah DC-DC converter untuk menurunkan tegangan. Pada penelitian ini dipilihlah buck converter sebagai DC-DC converter yang dapat diatur keluarannya dengan menggunakan pulse width modulation (PWM). Rangkaian buck converter secara sederhana terdiri dari satu saklar aktif (MOSFET), satu saklar pasif (diode), kapasitor dan induktor sebagai tapis keluarannya. Penggunaan buck converter mode switching dengan pengaturan PWM memiliki efisiensi yang lebih tinggi dibanding sistem catu daya linier. Secara umum ada dua permasalahan yang sering terjadi pada buck converter . Pertama sulitnya pengendalian arus pada induktor yang memiliki ripple yang cukup besar, kedua adalah transient tegangan keluaran yang muncul pada saat start up. Pada penelitian ini digunakan fuzzy logic control sebagai pengendali PWM maka pengaturan arus pada induktor dan tegangan keluaran buck converter dapat dibuat sesuai dengan keinginan. Pada sistem yang ini akan diterapkan 2 variabel input adalah error (e) dan perubahan error (pe) yang diambil dari tegangan output yang dihasilkan oleh buck converter, sedangkan variabel untuk keluaran adalah duty ratio (u) yang merupakan input sebagai pengendali PWM yang masuk pada MOSFET. Dari uji coba simulasi pemodelan dengan software, penambahan fuzzy logic pada buck converter mendapatkan hasil output tegangan yang memiliki steady state error berkurang sampai ± 3%, settling time yang berkurang sebesar 20 ms dan hilangnya overshoot yang ada pada saat start up. Pengaturan arus pada induktor juga mendapatkan hasil yang lebih baik yaitu berkurangnya ripple sebesar 1,5% sampai 3%, settling time dan overshoot yang terjadi saat start up juga berkurang. Pada uji coba selanjutnya dilakukan dengan pembuatan sebuah prototype yang didapatkan hasil output tegangan dengan steady state error yang berkurang sampai ± 2,7%, settling time berkurang sebesar 16 ms dan berkurangnya overshoot yang ada pada saat start up. Pengaturan arus pada induktor juga mendapatkan hasil yang lebih baik yaitu berkurangnya ripple sebesar 1,5% sampi 2,7%, settling time yang berkurang sebesar 16 ms dan berkurangnya overshoot yang ada pada saat start up

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/511.313/HIM/p/2016/041602003
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 511 General principles of mathematics > 511.3 Mathematical logic (Symbolic logic)
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Apr 2016 11:21
Last Modified: 20 Apr 2016 11:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157430
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item