Language Learning Strategy Adopted By English For Specific Purposes (Esp) Students In Merdeka University Malang.

Rachmawati, DwitaLaksmita (2015) Language Learning Strategy Adopted By English For Specific Purposes (Esp) Students In Merdeka University Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Selama tiga dekade terakhir, minat pada metode pengajaran yang berpusat pada pembelajar telah meningkat pada bidang pembelajaran bahasa kedua atau bahasa asing. Pergeseran ini disebabkan oleh perkembangan yang terjadi di bidang pendidikan lainnya yang peduli dengan mengeksplorasi bagaimana orang berpikir. Strategi pembelajaran bahasa, yang umumnya didefinisikan sebagai perilaku dan pikiran yang digunakan pelajar untuk memilih, mengatur, dan mengintegrasikan pengetahuan baru merupakan variabel penting yang telah menerima banyak perhatian di bidang pembelajaran bahasa dan pengajaran (Weinstein & Mayer, 1986; Wenden, 1987). Oxford (1990) percaya bahwa penggunaan strategi dalam pembelajaran bahasa sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan siswa. Jadi, penelitian ini akan melakukan penelitian pada variasi strategi pembelajaran bahasa yang digunakan oleh siswa kelas pertama di kelas ESP (English for Specific Purposes) terutama untuk mahasiswa pada minat sosial dan ilmu pengetahuan, Universitas Merdeka, Malang. Penelitian ini dapat menunjukkan variasi strategi pembelajaran bahasa yang digunakan oleh mahasiswa jurusan non Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan penelitian survei. Kedua metode penelitian kuantitatif dan kualitatif terlibat dalam proyek ini. Metode kualitatif menyajikan data dengan menggambarkan tanpa bantuan data numerik, sedangkan analisis kuantitatif adalah upaya untuk mengukur hasil berdasarkan nomor. Metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan dari hasil kuesioner, sedangkan data kualitatif digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan dari wawancara semi terstruktur satu-satu. Populasi adalah 692 mahasiswa tahun ajaran pertama di fakultas Ekonomi dan Bisnis; dan Hukum, dan Fakultas Teknik. Peneliti mengambil partisipan untuk menjadi sampel penelitian ini secara acak di setiap jurusan dengan total peserta 70 siswa. Berdasarkan data, dapat ditunjukkan bahwa kelas sosial yang diwakili oleh Fakultas Hukum, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis cenderung menggunakan strategi sosial dan kognitif. Siswa di kelas sosial lebih menyukai mempelajari Bahasa Inggris dengan cara berinteraksi dengan teman dan berlatih komunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris karena materi yang diberikan oleh dosen terkait dengan keterampilan berbicara dan komunikasi. Sedangkan, kelas sains yang diwakili oleh Fakultas Teknik cenderung menggunakan strategi metakognitif. Para siswa lebih menyukai mempelajari Bahasa Inggris dengan cara membaca cepat karena materi yang diberikan oleh dosen terkait dengan kemampuan membaca. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Bahasa, Bahasa Inggris untuk keperluan khusus, kelas sosial, kelas sains

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/407.1/RAC/l/2015/041507187
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: S2/S3 > Magister Linguistik Terapan, Fakultas Ilmu Budaya
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Jan 2016 16:43
Last Modified: 18 Jan 2016 16:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157419
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item