Kajian Kinerja Pelayanan Terminal Angkutan Umum (Studi Kasus Terminal Becora Dili- Timor Leste)

Silva, NelsonFranciscoAlexandreDosSantos (2015) Kajian Kinerja Pelayanan Terminal Angkutan Umum (Studi Kasus Terminal Becora Dili- Timor Leste). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Terminal Becora merupakan salah satu terminal tipe B yang terletak di Sub distritu Cristo Rei , Distritu Dili- Timor leste dan sebagai titik simpul pergantian moda transportasi penumpang angkutan umum baik yang bergerak menuju kota Dili maupun yang meninggalkan kota Dili. Pada saat ini kinerja Pelayanan terminal Becora kurang optimal dan kondisi fasilitas pelayanan terminal yang masih sangat minim dari yang distandarkan oleh suatu terminal tipe B, hal tersebut berdampak pada kualitas pelayanan di terminal Becora. Presepsi pelayanan terminal yang aman, nyaman dan lancar menjadi harapan dari para user sehingga kajian ini berbasis pada kepuasaan penumpang terhadap atribut pelayanan yang ada di terminal Becora. Atribut pelayanan tersebut terdiri dari 10 dimensi kualitas jasa pelayanan yang terdiri dari: kinerja, keandalan, daya tahan, jaminan, daya tanggap, kenyamanan, kemudahan, frekuensi, kuantitas dan fasilitas. Acuan pada kajian ini didasarkan pada Lalu lintas angkutan dan jalan RI (LLAJ) 1995 dan Keputusan Menteri Perhubungan RI No. 31 Tahun 1995 tentang terminal. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja operasional terminal Becora dan membuat rekomendasi perbaikan guna meningkatan kinerja Terminal terhadap kepuasaan pengguna jasa terminal, serta membuat model regresi hubungan antara kualitas pelayanan dan variabel yang mempengaruhinya. Analisa data dilakukan dengan metode IPA ( importance performance analysis ) dan metode quality funcitional deployment (QFD) serta analisa regresi untuk membuat model prediksi dengan melakukan simulasi pengaruh hubungan yang terjadi antara variabel pelayanan dengan kualitas pelayanan. Hasil analisa IPA menunjukkan 14 atribut pelayanan berada di kuadran I yang m erupakan prioritas utama untuk dilakukan perbaikan. Atribut-atribut tersebut antara lain: AT-1, AT-2, AT-3, AT-14, AT-16, AT-17, AT-18, AT-26, AT-27, AT-28, AT-29, AT-30, AT-32, dan AT-39. Pada analisa quality functional deployment (QFD) didapatkan 8 respon teknis yang dapat dilakukan untuk perbaikan atribut-atribut pelayanan tersebut antara lain: RT-1, RT-2, RT-3, RT-4, RT-5, RT-6, RT-7 dan RT-8. Model hasil analisa regresi linear berganda yaitu: Y= -0.328+0.276X 3 dengan nilai koefisien determinasi R 2 = 0.724, sehingga variabel kenyamanan (X 3 ) menjadi variabel yang berpengaruh sebesar 72.4% terhadap kualitas pelayanan (Y). Model tersebut mengambarkan nilai kualitas pelayanan (Y) sangat dipengaruhi oleh variabel kenyamanan (X 3 ), apabila variabel kenyamanan ditingkatkan maka secara otomatis nilai kualitas pelayanan akan meningkat. Rekomendasi yang diberikan untuk prioritas perbaikan disesuaikan dengan model yang didapatkan yaitu variabel kenyamanan (X 3 ).

English Abstract

The terminal of Becora as one of the type B terminal which located sub District Cristo Rei District Dili Timor Leste and as a core point exchange of the public transportation for departures and arrival to Dili District. In this period the performance service of Becora terminal is less optimum in the condition of service facilities still minimum as standardized by a type B terminal. This condition implicated to quality service in terminal of Becora. The perception of terminal services which is safety, comfortable and well organized become users expectation, so that this study is down based on passenger satisfaction of the services attribute in the terminal Becora. The services attributes reflect on 10 dimensions of quality services such as performance, tangible, durability, assurance, responsive, comfortable, easy, frequency, quantity and facilities. The model of study based on Indonesian traffics transportation and terrestrial (LLAJ) 1995 and decree of Minister of Transportation No.31 1995 regarding to terminal. The objective of this study is to find out the factors that influence operational performance in Becora terminal and to recommend the improvement ho to elevate terminal performance regarding to satisfaction of terminal users also to design regression model of correlation between quality services to influential variables. The result of IPA analysis shown 14 attributes of service stayed in quadrant I which become the principal priority of improvement. These attributes such as: AT-1, AT-2, AT-3, AT-14, AT-16, AT-17, AT-18, AT-26, AT-27, AT-28, AT-29, AT-30, AT-32 and AT-39. Whereas the QFD analysis found 8 technical response can be done for improvement. These attributes such as: RT-1, RT-2, RT-3, RT-4, RT-5, RT-6, RT-7 and RT-8. The result model of multiple regression analysis Y= -0.328+0.276X 3 which coefficient determination value R2= 0.724, so the comfortable variables (X 3 ) become influential variable as many as 72.4% regarding to quality services (Y). This model describe quality service value more influenced by comfortable variable. If the comfortable variable increased automatically quality service value will be increased. Recommendation to the improvement service based on obtained the model.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/388.33/SIL/k/2015/041503814
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.3 Vehicular transportation
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 19 Aug 2015 14:09
Last Modified: 19 Aug 2015 14:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157393
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item