Analisis Kemampuan Dan Kemauan Membayar (Atp & Wtp) Penumpang Bus Kota Surabaya Rute P1 Purabaya – Darmo - Perak

Susanto, Farid (2014) Analisis Kemampuan Dan Kemauan Membayar (Atp & Wtp) Penumpang Bus Kota Surabaya Rute P1 Purabaya – Darmo - Perak. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di samping Biaya Operasi Kendaraan (BOK) yang mempengaruhi aspek finansial operator angkutan umum, penetapan biaya tarif angkutan umum juga harus memperhatikan daya beli dan kemauan membayar tarif dari pengguna jasa tersebut, dimana kemampuan tersebut dapat merupakan kemampuan berdasarkan pada persepsi pengguna yaitu WTP (Willingness To Pay) yang dapat didefinisikan sebagai kemauan membayar oleh pengguna jasa atas imbalan terhadap suatu barang atau jasa yang dinikmati sedangkan kemampuan secara rasional yaitu ATP (Ability To Pay) adalah kemampuan seseorang untuk membayar jasa pelayanan dari sektor transportasi yang dianggap layak atau ideal dari total pengeluaran untuk makanan dan non makanan atau dengan kata lain kemampuan masyarakat dalam membayar ongkos perjalanan yang dilakukannya. Penetapan besarnya tarif angkutan umum seringkali menimbulkan konflik kepentingan antara operator angkutan umum dengan masyarakat penumpang bus kota Surabaya. Permasalahan akan muncul apabila masyarakat memiliki ATP dan WTP yang lebih rendah dari pada besarnya tarif bus kota yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Sehingga kondisi tersebut mempunyai akibat yang merugikan bagi masyarakat penumpang bus kota Surabaya. Terlebih bagi mereka yang termasuk masyarakat kelompok captive users yang mengandalkan angkutan umum dan tidak memiliki alternatif pilihan lain. Berdasarkan latar belakang tersebut perlu adanya analisis terhadap bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum daripada angkutan pribadi. Sehingga judul yang digunakan dalam penelitian ini adalah ”Analisis Kemampuan dan Kemauan Membayar (ATP–WTP) Penumpang Bus Kota Surabaya Rute P1 Purabaya – Darmo – Perak”. Hasil penelitian menunjukkan tidak seimbangnya permintaan dan penawaran penumpang bus kota P1 di Surabaya. Pendapatan operator relatif tidak mampu memenuhi biaya operasioanal apabila faktor muat dari rute tersebut kurang dari BEP sedangkan tarif yang berdasarkan dari ATP dan WTP adalah sebesar Rp. 5.000. dan subsidi yang dikeluarkan pemerintah untuk penumpang bus kota dengan kendaraan dan sistem pelayanan yang standar sebesar Rp. 4.800.611.00 pertahun pada keseluruhan armada pelayanan dengan standar yang ditetapkan.

English Abstract

In addition to Vehicle Operation Cost (VOC) which always influences the financial aspect of public transport operators, other consideration must be given upon the determination of tariff cost for public transport. The tariff must be consistent with ability to pay and willingness to pay of the user of transport. Willingness To Pay (WTP) is defined as the willingness of service users to pay in exchange for good or service they have enjoyed. Ability To Pay (ATP) is the ability of an individual to pay service given by transportation sector after considering it as reliable or ideal if compared to food and non-food expenses. In other words, ATP is the ability of peoples to pay the charge for their journey. Problem occurs if peoples have lower ATP and WTP than the tariff of city bus set by the government. It leads passengers of Surabaya City Bus to suffer. Those who are classified as captive users will be adversely affected because they only rely on public transport without other alternatives for commuting. Taking this explanation into account, the analysis is conducted aiming to improve the interest of peoples to use public transport than personal transport. The title of research is “The Analysis of Ability and Willingness To Pay (ATP-WTP) among the Passengers of Surabaya City Bus at Route P1 Purabaya-Darmo-Perak”. Result of research indicates that demand and supply of the passengers of P1 Surabaya City Bus are not balancing. The income of these bus operators has not met their operational cost because occupation factor of this route is still less than BEP. Worsening the matter, the tariff decided on ATP and WTP is about Rp. 5,000. The subsidy given by the government to the passengers of the city bus which complies with the standards of vehicle and service system is reaching for Rp. 4,800,611.00 per year. This number is covering the service armada as long as the standard is respected.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/388.322/FAR/a/2014/041501282
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.3 Vehicular transportation
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 05 May 2015 11:19
Last Modified: 05 May 2015 11:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157390
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item