Kajian Kapasitas, Pelayanan dan Strategi Pengembangan Bandar Udara El Tari Kupang

Frans, JohnHendrik (2014) Kajian Kapasitas, Pelayanan dan Strategi Pengembangan Bandar Udara El Tari Kupang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan bandar udara sebagai bagian dari sistem transportasi harus dilakukan melalui spektrum yang luas, menyeluruh, terkoordinasi dan tentu saja konsisten. Untuk itu diperlukan koordinasi yang baik antara penentu kebijakan yang langsung atau tidak langsung kebijakannya berpengaruh terhadap kinerja Bandar udara dan sistem transportasi udara di wilayah Nusa Tenggara Timur. Pengembangan Bandar Udara El Tari kupang tentunya membutuhkan kapasitas kebutuhan ruang, pelayanan serta strategi yang tepat dalam pengembangannya oleh karenanya kajian ini dimaksudkan untuk mengetahui kebutuhan kapasitas ruang dan kapasitas pelayanan penumpang serta merumuskan strategi pengembangan bandar udara El Tari ke depan untuk merespon pertumbuhan pergerakan penumpang dan pesawat. Berdasarkan Hasil Analisa sesuai Standard Nasional Indonesia SNI-03-7046-2004 dan SKE/77/VI/2005 kapasitas terminal sampai tahun 2025 masih memberikan kapasitas pelayanan yang cukup memadai sedangkan berdasarkan IATA, Airport Development Manual 1995 kapasitas pelayanan ruang yang ada tidak dapat diterima pada tahun 2023 atau kapasitas yang tersedia sudah terlewati sedangkan berdasarkan IATA, Airport Development Manual 2004 kapasitas pelayanan ruang yang ada tidak dapat diterima pada tahun 2018 atau kapasitas yang tersedia sudah terlewati. Analisa Kapasitas pada sisi udara dengan menggunakan Metode FAA ( Federal Aviation Administration) yang termuat dalam Advisory Circular (AC) 150/5060-5 diperoleh ratio kapasitas pelayanan untuk runway dalam kondisi basah (wet runway) adalah sebesar 1,10 atau sudah tidak dapat diterima atau ratio kapasitas parking stand sama dengan 1,0 pada tahun 2018 sedangkan Ratio Kapasitas luasan apron saat ini adalah sebesar 0,72 dan ratio kapasitas apron akan melewati 1,0 pada tahun 2022 atau tidak dapat diterima. Hasil pemodelan kapasitas pada sisi darat dan udara berdasarkan analisa regresi metode stepwise dengan bantuan software SPSS 17 diperoleh model kebutuhan kapasitas terminal pada sisi darat (terminal) dan model kapasitas sisi udara. Karakteristik pelayanan pada Bandar udara El Tari kupang menurut persepsi pengguna jasa, berdasarkan hasil penelitian terhadap kinerja pelayanan terdapat sepuluh indikator yang dianggap penting dan perlu mendapatkan perhatian dalam peningkatan pelayanan. Dan berdasarkan hasil perhitungan customer statifaction index adalah sebesar 65,31% dengan tingkat kesesuaian sebesar 76,58% atau pelayanan yang ada masih sangat baik karena pengguna merasa cukup puas. Berdasarkan hasil analisa strategi pengembangan Bandar udara El Tari Kupang dengan analisa matriks swot dari faktor Kekuatan (Strengths) , Kelemahan (Weakness) , Peluang (Oppurtunity) , Ancaman (Threats) diperoleh beberapa strategi yang dapat digunakan dalam rencana pengembangan dan peningkatan pelayanan pada Bandar udara El Tari Kupang.

English Abstract

Airport development is a part of the transportation system. It must be done with a wide-ranging spectrums, comprehensive, coordinated and consistent. It required a good coordination between policy makers. The coordination between policy makers have directly and indirectly affects to airports performance and air transportation systems. Therefore, airports performance and air transportation systems in NTT province is also influenced by the circumstances as described above. El Tari Kupang Airport development requires expanding of space capacity, increasing of services quality and implementation of appropriate development strategies. Therefore, this study is intended to determine the demands of space capacity, passenger`s service capacity and formulated the development strategies of El Tari Kupang Airport for the future, in response the growth of passengers and aircrafts traffics. Analysis based on Indonesian National Standard SNI 03-7046-2004 and SKEP/77/VI/2005, showing that the terminal`s service capacity still provide adequate, until 2025. Based on IATA Airport Development Manual 1995, the terminal`s space capacity is no longer feasible in 2023. Therefore, existing space capacity cannot be accepted in 2023, because of available capacity has been exceeded. Based on IATA, Airport Development Manual 2004, showing a similar result. The terminal`s space capacity is no longer feasible in 2018 because of available capacity has been exceeded. Capacity Analysis on the air segment by using FAA (Federal Aviation Administration) method as contained in Advisory Circular (AC) 150 / 5060-5 showing that the current ratio of the service capacity of runway in wet conditions is equal to 1.10. The ratio cannot to be accepted. Parking Stand Ratio is equal to 1.0 in 2018. Current apron area capacity is equal to 0.72. The ratio will increase to become more then 1.0 in 2022. Therefore the ratio cannot be accepted in 2022. Terminal capacity modeling on ground segment and air segment were obtained using Stepwise Regression Method Analysis combined with SPSS 17 software. The modeling will provide models of terminal capacity needs on ground segment and air segment. There are ten indicators of service characteristics at the El Tari Kupang Airport, as perceived by users, based on the study results of the services performances. The indicators are considered important and deserve more attention for improving services. The results show that Customers Satisfaction Index is 65.31%, with a Suitability Percentage is 76.58%. It means that the existing service level is still at a very good level, because of the users are satisfied regard to the existing services performances. Based on analysis of the development strategy of the El Tari Kupang Airport, with using SWOT matrix analysis of strengthening factors, weakness, opportunity, and threats, obtained some strategies which can be used in development plan and services improvement of El Tari Kupang Airport for the future.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/387.736/FRA/k/041408274
Subjects: 300 Social sciences > 387 Water, air, space transportation > 387.7 Air transportation
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 16 Jan 2015 17:08
Last Modified: 16 Jan 2015 17:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157364
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item