Implikasi Penerapan Konvergensi Media Pada Radio Suara Surabaya (Studi Ekonomi Media- Proses Produksi Konten Dalam Ruang Redaksi, Implikasi Penerapan Konvergensi Media Pada Suara Surabaya)

Arief, Maulana (2017) Implikasi Penerapan Konvergensi Media Pada Radio Suara Surabaya (Studi Ekonomi Media- Proses Produksi Konten Dalam Ruang Redaksi, Implikasi Penerapan Konvergensi Media Pada Suara Surabaya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media radio kini mulai mengembangkan konvergensi media sebagai strategi untuk menarik konsumen media dari platform media yang berbeda. Dengan berkonvergensi media radio memiliki tantangan baru, seperti peningkatan multiskill para personil media, memperkuat kerjasama antar divisi pada proses produksi hingga re-organisasi newsroom. Ini adalah bagian dari implikasi media yang mengembangkan konvergensi media, seperti yang terjadi pada media radio Suara Surabaya, sebuah media lokal di Jawa Timur yang berkomitmen melakukan konvergensi media. Penelitian adalah deskriptif kualitatif, pendekatan paradigma interpretive sosial science (ISS). Penelitian ini melihat implikasi konvergensi media pada radio Suara Surabaya, pada tataran proses produksi konten dan kinerja multitasking awak media serta perubahan pada organisasi dan kerjasama antar anggota newsroom pada media radio Suara Surabaya yang bertempat di jalan Wonokitri Besar no 40 C Surabaya. Media ini adalah salah satu media radio terbesar di Surabaya, dan memiliki media diluar radio seperti majalah Surabaya City Guide, Suarasurabaya.net media berbasis web, dan mengembangkan media sosial untuk memperkuat interaktif yang melibatkan pendengar/audience dalam mengisi program siarannya di radio maupun website. Suara Surabaya menjalankan konvergensi media sebagai bagian dari aktivitas ekonomi media untuk mendapatkan perhatian konsumen media, meningkatkan dampak media, melakukan efisiensi & peningkatan produktifitas. Konvergensi media yang dilakukan oleh Suara Surabaya, dengan menyebarkan konten pada tiga platform media yang berbeda seperti radio Suara Surabaya, website suarasurabaya.net, sosial media (facebook E 100 & Twitter E 100) serta majalah freemagazine Surabaya City Guide. Sharing konten tersebut sebatas platfom berbasis suara, text, dan foto, belum menggunakan flatform berbasis video. Implikasi yang terjadi karena berkonvergensi adalah awak media Suara Surabaya disyaratkan memiliki ketrampilan yang banyak (multiskill) dalam menjalankan tugas keseharian dengan tugas masing-masing personil berbeda-beda. Pada bidang organisasi implikasi yang terjadi adalah Suara Surabaya membuat struktur „bayangan‟ yang diisi oleh para manager untuk bertanggung jawab dalam menjalankan konvergensi media. Struktur ini tidak tercatat dalam struktur organisasi resmi namun dipercaya semua divisi untuk mengelola pemberitaan yang ada di media Suara Surabaya. Management Suara Surabaya menamakan struktur ini dengan sebutan MOD singkatan dari manager on duty, inilah yang menjadi ciri khas konvergensi yang dijalankan Suara Surabaya.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/384/ARI/i/2017/041703054
Subjects: 300 Social sciences > 384 Communications
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 30 May 2017 09:53
Last Modified: 30 May 2017 09:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157341
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item