Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan, Kepuasan Pengguna, dan Loyalitas Pengguna” (Studi pada Mahasiswa Pengguna Website e-learning di Universitas Brawijaya);

Ramadhan, HanifaMaulani (2015) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan, Kepuasan Pengguna, dan Loyalitas Pengguna” (Studi pada Mahasiswa Pengguna Website e-learning di Universitas Brawijaya);. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi berdampak pula pada bidang pendidikan. Bidang pendidikan bersinergi dengan teknologi, yang biasa disebut dengan e-learning. Penerapan e-learning sangat terbantu dengan adanya internet. Dengan internet tidak mengharuskan mahasiswa selalu berada di dalam kelas dalam proses perkuliahan. Website e-learning menjadi alternatif pilihan media yang mendukung perkuliahan yang menggunakan e-learning. Telah banyak perguruan tinggi yang menggunakan website e-learning ini, sehingga perlu dilakukan penilaian terkait keberhasilan penerapannya. Menilai keberhasilan sebuah website e-learning melalui tolak ukur kualitas layanan tetapi kepercayaan dan kepuasan pengguna juga diperhitungkan. Pengguna yang percaya dengan website e-learning yang digunakan bisa memberikan perkembangan yang baik terhadap website e-learning yang tersebut. Begitu pula dengan pengguna yang mendapatkan kepuasan setelah menggunakan sistem informasi, ketika pengguna puas maka sistem dianggap mampu memenuhi ekspektasi atau harapan pengguna. Lebih lanjut lagi, loyalitas dari pengguna website e-learning juga mampu menunjukkan keberhasilan dari sebuah penerapannya website e-learning. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan menjelaskan pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepercayaan, pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pengguna, pengaruh Kepercayaan terhadap Kepuasan Pengguna, pengaruh Kepercayaan terhadap Loyalitas Pengguna, dan pengaruh Kepuasan Pengguna terhadap Loyalitas Pengguna. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode survey. xi Hasil dari penelitian ini adalah 1) Kualitas Layanan berpengaruh signifikan positif terhadap Kepercayaan, kualitas layanan yang diterima oleh mahasiswa mampu meningkatkan kepercayaan terhadap website e-learning, 2) Kualitas Layanan berpengaruh signifikan positif terhadap Kepuasan Pengguna, dengan adanya pengaruh yang signifikan positif ini, menunjukkan kualitas layanan mampu meningkatkan kepuasan pengguna, 3) Kepercayaan berpengaruh signifikan positif terhadap Kepuasan Pengguna, kepercayaan pada website e-learning mampu meningkatkan kepuasan pada mahasiswa, 4) Kepercayaan berpengaruh signifikan positif terhadap Loyalitas Pengguna, artinya kepercayaan mampu meningkatkan loyalitas pengguna website e-learning, 5) Kepuasan Pengguna berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pengguna, peningkatan kepuasan mahasiwa dalam menggunakan website e-learning akan mampu meningkatkan loyalitas mereka pula, dan 6) Kualitas Layanan berpengaruh signifikan positif terhadap Loyalitas Pengguna, artinya kualitas layanan yang disajikan oleh website akan mampu meningkatkan loyalitas mahasiswa terhadap website tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang dapat diberikan adalah pengembangan aplikasi secara mandiri sangat perlu dilakukan. Aplikasi yang dikembangkan secara mandiri ini sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan karakteristik akademik yang ada di lingkungan Universitas Brawijaya, penggunaan website e-learning tidak hanya pada tiga fakultas yang telah menggunakan sekarang tetapi diperluas, meningkatkan perangkat pendukung aplikasi website e-learning, dan penggunaan website e-learning di Universitas Brawijaya sebaiknya lebih disarankan lagi agar kinerja website lebih maksimal. Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepercayaan, Kepuasan Pengguna, Loyalitas Pengguna, Website, E-learning

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/378.002 85/RAM/p/2015/041507129
Subjects: 300 Social sciences > 378 Higher education (Tertiary education)
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Jan 2016 11:38
Last Modified: 11 Jan 2016 11:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157300
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item