Pengaruh Penerapan Portal Sistem Informasi Administrasi Mahasiswa (Siam) On-Line Terhadap Perilaku Pengguna Dan Manfaat Individu (Studi Empiris Pada Mahasiswa Di Program Pendidikan Vokasi Universit

Subchan, Nur (2013) Pengaruh Penerapan Portal Sistem Informasi Administrasi Mahasiswa (Siam) On-Line Terhadap Perilaku Pengguna Dan Manfaat Individu (Studi Empiris Pada Mahasiswa Di Program Pendidikan Vokasi Universit. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemanfaaatan suatu portal sudah menjadi kebutuhan dan tuntutan perkembangan teknologi dan informasi, khususnya memberikan informasi di Universitas Brawijaya berfungsi sebagai integrator informasi akademik yang ada di berbagai unit akademik (program studi/fakultas/program) sekaligus sebagai sarana komunikasi antar civitas akademika kampus. Beberapa manfaat informasi dalam pemenuhan kebutuhan informasi diantaranya adalah menambah pengetahuan atau mengurangi ketidakpastian informasi bagi pemakai, memberikan suatu dasar kemungkinan untuk menanggapi seleksi dalam pemenuhan kebutuhan informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh portal akademik (SIAM-UB) melalui variabel : kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas proses, kualitas kolaborasi, kualitas layanan, terhadap perilaku pengguna serta manfaat individu. Jumlah populasi seluruh tingkat I, II dan III mahasiswa program pendidikan vokasi Universitas Brawijaya sejumlah N = 800 mahasiswa aktif dengan presisi (d)= 10%, dengan menggunakan persamaan Yamane : n=N/(N.(d)2+1), maka dihasilkan sampel dalam penelitian ini sejumlah 85 mahasiswa yang merupakan mahasiswa aktif. Dari hasil uji penelitian ini menghasilkan 12 hipotesis yang terdiri dari: ada 4 variabel yang dinyatakan signifikan terdiri dari : (i) kulitas informasi terhadap penggunaan sistem, (ii) kualitas kolaborasi terhadap penggunaan sistem, (iii) penggunaan sistem tehadap manfaat individu dan (iv) kepuasan pengguna terhadap manfaat individu), sedangkan 8 variabel yang dinyatakan tidak signifikan terdiri dari : (i) kualitas sistem terhadap pengunaan sistem, (ii) kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna, (iii) kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna, (iv) kuaitas proses terhadap penggunaan sistem, (v) kualitas proses terhadap kepuasan pengguna, (vi) kualitas kolaborasi terhadap kepuasan pengguna, (vii) kualitas layanan terhadap penggunaan sistem, dan (viii) kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/378. 028 5/SUB/p/2013/041602021
Subjects: 300 Social sciences > 378 Higher education (Tertiary education)
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 31 Mar 2016 14:58
Last Modified: 31 Mar 2016 14:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157298
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item