“Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Rencana Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar di Kabupaten Padang Pariaman” (Penelitian Survei pada SD dan SMP di Kabupaten Padang Pariaman)

Adnan, Lenny (2013) “Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Rencana Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar di Kabupaten Padang Pariaman” (Penelitian Survei pada SD dan SMP di Kabupaten Padang Pariaman). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hakekat otonomi daerah adalah untuk mendekatkan pelayanan kepada publik, dengan asumsi bahwa setiap daerah otonom mampu untuk mengembangkan daerahnya dengan melaksanakan pembangunan pada sendi kehidupan masyarakat, diharapkan kesejahteraan rakyat terpenuhi sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat daerah. Salah satunya adalah pembangunan bidang pendidikan. Dengan pendidikan yang berkualitas akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Pembangunan pendidikan yang terencana dan komprehensif sangat dibutuhkan untuk menjawab tantangan masa depan. Perencanaan yang matang dengan perhitungan yang cermat tidak akan berhasil dengan maksimal apabila tidak dapat dilaksanakan atau diimplementasikan dengan baik dan benar. Oleh sebab itu implementasi suatu rencana/strategis ataupun kebijakan dalam pembangunan pendidikan sangat berpengaruh dalam keberhasilan suatu rencana/program/kegiatan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi implementasi rencana/strategis/kebijakan/program/kegiatan yang dilaksanakan di daerah Padang Pariaman di bidang pendidikan, dengan judul “ Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Rencana Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar di Kabupaten Padang Pariaman”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei dengan maksud mendeskripsikan kemudian menjelaskan (eksplanasi) gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi rencana dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dasar, dengan menggunakan variabel yang mempengaruhi implementasi rencana yakni: komunikasi, sumber daya, disposisi, struktur birokrasi, isi rencana dan partisipasi masyarakat. Dari hasil survei yang dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada sampel, kemudian data diolah dengan menggunakan analisis Regresi Berganda maka diperoleh hasil dengan persamaan Regresi sebagai berikut: Y = 2,101 - 0,095X1 + 0,190X2 – 0,059X3 + 0,217X4 + 0,007X5 + 0,245X6. Secara simultan, keenam variabel tersebut berpengaruh signifikan dalam implementasi rencana peningkatan mutu pendidikan dasar di kabupaten Padang Pariaman. Sedangkan secara parsial yang berpengaruh signifikan adalah variabel sumber daya, struktur birokrasi dan partisipasi masyarakat. Variabel yang paling dominan mempengaruhi implementasi rencana peningkatan mutu pendidikan dasar di Kabupaten Padang Pariaman adalah partisipasi masyarakat (X6). Berdasarkan jawaban dari responden masih ada yang memberi skor 1 (sangat tidak setuju) terhadap item pernyataan untuk variabel komunikasi dan disposisi, hal tersebut menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan rencana peningkatan mutu pendidikan dasar di daerah komunikasi dan disposisi belum dilaksanakan dengan baik. Keseriusan dan perhatian pemerintah daerah dan instansi terkait pembangunan pendidikan sangat diharapkan.

English Abstract

Regional autonomy is essentially to bring the service to the public, with the assumption that each autonomous region is able to develop the region by carrying out development on aspects of community life, expected welfare of the people are met so they can improve the quality of life of local communities. One is the development of the field of education. With a quality education will improve the quality of life. Construction of a planned and comprehensive education is needed to respond to future challenges. Careful planning with careful calculation will not work with most if not implemented or implemented with good and true. Therefore, the implementation of a plan/strategic and policy in educational development is ery influential in the success of a plan/program/activity. This study was conducted to determine the dominant factor affecting the implementation of the plan/strategic/policy/program/activities are held in the region in the field of Padang Pariaman education, with the heading " Factors Affecting Implementation Basic Education Quality Improvement Plan in the district of Padang Pariaman ". The research method used is a quantitative method to describe the purpose of the survey approach and then explain (eksplanation) description of the factors that affect the implementation of the plan n an effort to improve the quality of basic education, using the variables that affect the implementation of the plan: communication, resources, disposition, bureaucratic structures, the contents of the plan and public participation. From the results of a survey conducted with a sample questionnaire to spread, then the data is processed by using multiple regression analysis of the obtained results with the following regression equation: Y = 2,101 – 0,095X1 + 0,190X2 – 0,059X3 + 0,217X4 + 0,007X5 + 0,245X6. Simultaneously, the six significant variables in the implementation of plans to improve the quality of basic education in the district of Padang Pariaman. While partially a significant effect is a variable resource, bureaucratic structures and community participation. The most dominant variable affecting the implementation of the plan to improve the quality of basic education in the district of Padang Pariaman is community participation (X6). Based on the answers of the respondents still gave a score of 1 (strongly disagree) to the statement items for the communication variables and disposition, it is clear that the implementation of plans to improve the quality of basic education in the area of communication and disposition has not been implemented properly. Seriousness and attention of the local government and relevant agencies of educational development is desirable.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/372/ADN/f/041400219
Subjects: 300 Social sciences > 372 Primary education (Elementary education)
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 May 2014 11:55
Last Modified: 14 May 2014 11:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157291
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item