Dima, EnikeTjeYustin (2013) Analisis Efisiensi Belanja Langsung Pendidikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan efisiensi pengelolaan alokasi anggaran belanja pendidikan pada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, dalam pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan tingkat efisiensi alokasi anggaran pendidikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat efisiensi alokasi anggaran belanja langsung pendidikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Anggaran digunakan sebagai alat untuk menentukan besarnya pengeluaran, membantu pengambilan keputusan dalam perencanaan pembangunan, otorisasi pengeluaran di masa-masa yang akan datang, sumber pengembangan ukuran-ukuran standar untuk evaluasi kinerja dan sebagai alat untuk memotivasi para pegawai, serta sebagai alat koordinasi untuk semua aktivitas unit kerja. Dalam penelitian ini pengukuran efisiensi pengeluaran belanja langsung bidang pendidikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur dilakukan dengan menggunakan teknik DEA ( Data Envelopment Analysis ). Penggunaan alat analisis ini karena dalam perhitungan efisiensi menggunakan beberapa variabel input dan beberapa variabel output. Berdasarkan analisis MDA maka faktor yang paling mempengaruhi efisiensi belanja langsung pendidikan di provinsi Nusa Tenggara Timur adalah belanja modal. Selanjutnya diikuti oleh belanja pegawai, dan belanja barang-jasa. Sebagai upaya peningkatan efisiensi pada suatu kabupaten-kota maka perlu dilakukan pergeseran alokasi anggaran ( shifting budget allocation ), khususnya yang berkaitan dengan belanja pegawai dan belanja barang-jasa sebagai implikasi dari kondisi jenuh yang justru menurunkan tingkat efisiensi. Dengan demikian peningkatan dalam alokasi belanja modal dalam rangka pembelian/penggadaan atau pembangunan asset tetap berwujud yang mempunyai nilai manfaat, diharapkan dapat mencapai efisiensi maksimum.
English Abstract
This study was conducted as an effort to improve management efficiency in allocation of education expenditure budget within government of East Nusa Tenggara Province, in program enactment and development activities in order to improve people`s welfare in East Nusa Tenggara Province. Objectives of this study were to describe efficiency level of education budget allocation in East Nusa Tenggara Province and to analyze factors that influencing efficiency level of education direct expenditure budget allocation in East Nusa Tenggara Province. Budget was used as a tool to determined amount of expenditure, helping in decision making concerning development planning, authorization of expenditure in future time, source of standard measures for performance evaluation and as a tool to motivate employees and as a coordination tool for all work unit activity. In this study, efficiency measurement concerning direct expenditure of education discipline in East Nusa Tenggara Province was conducted using DEA (Data Envelopment Analysis) technique. This analysis tool was used since in efficiency calculation was using several input and output variables. Based on MDA analysis, factor that has most influence toward direct expenditure efficiency in education of East Nusa Tenggara Province is capital expenditure. Subsequently, it is followed with employees expenditure and good-service expenditure. As an effort to improve efficiency in regency-municipal, therefore it is necessary to shifting budget allocation, particularly concerning employees expenditure and good-service expenditure as implication of saturated condition which decrease efficiency level. Thus, improvement in capital expenditure allocation in order with buying/provision or asset development would still concrete and has benefit value, expected to reach maximum efficiency.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/371.206/DIM/a/041305697 |
Subjects: | 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.2 School administration; administration of student academic activities |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 31 Dec 2013 10:11 |
Last Modified: | 31 Dec 2013 10:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157277 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |