Analisis Efektivitas Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal ( Analisis Efektivitas Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (Studi Pada Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Keunggulan Lokal Di Kabupaten Malan

Electiana, FentiRakmawati (2016) Analisis Efektivitas Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal ( Analisis Efektivitas Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (Studi Pada Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Keunggulan Lokal Di Kabupaten Malan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pendidikan untuk mengembangkan potensi daerah. Pendidikan berbasis keunggulan lokal melalui jalur pendidikan formal bisa dilakukan dengan membuka bidang keahlian pada sekolah menengah kejuruan (SMK) yang sesuai dengan keunggulan daerah. Sekolah sebagai salah satu organisasi sektor publik mempunyai peranan yang besar dalam menghasilkan lulusan-lulusan yang mampu berperan serta dalam pengembangan potensi daerah. Oleh karena perlu dilihat efektivitas sekolah dalam mengembangkan kompetensi keahlian berbasis keunggulan lokal sebagai evaluasi dan mencari penyelasaian dari masalah-masalah yang timbul. Sekolah merupakan organisasi yang sangat kompleks, sehingga untuk mengukur keefektivannya bisa dilakukan dengan konsep Balanced Scorecard. Penulisan tesis dengan judul Analisis Efektivitas Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (Studi pada Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Keunggulan Lokal di Kabupaten Malang) merupakan sebuah studi untuk menilai efektivitas SMK berbasis keunggulan lokal di Kabipaten Malang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana efektivitas Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Keunggulan Lokal di Kabupaten Malang dilihat dari pendekatan Balance Scorecard ? (2) Apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Keunggulan Lokal dilihat dari sisi internal dan eksternal, dan (3) Apakah strategi-strategi dalam mengembangkan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Keunggulan Lokal di Kabupaten Malang ? Tujuan penelituian ini adalah : (1) Mengetahui efektivitas Sekolah Menegah Kejuruan Berbasis Keunggulan Lokal di Kabupaten Malang dilihat dari pendekatan Balance Scorecard, (2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan Sekolah Menegah Kejuruan Berbasis Keunggulan Lokal dilihat dari sisi internal dan eksternal, dan (3) merumuskan strategi-strategi dalam pengembangan Sekolah Berbasis Keunggulan Lokal di Kabupaten Malang. Metode yang digunakan adalah metode campuran dengan strategi embedded konkuren dan prioritasnya adalah metode kualitatif. Sedangkan metode kuantitatif yang digunakan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan koefisien Kendall Tau. Selain analisis metode campuran, penelitian ini juga menggunakan analisis SWOT. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK berbasis keunggulan lokal yang ada di Kabupaten Malang belum sepenuhnya efektif. Dari perspektif Costumers and Stakeholders, SMKN 2 Turen efektif di semua variabel yang diujikan, sedangkan di SMKN 1 Pujon, ada beberapa variabel yang belum efektif. Untuk perspektif proses internal, ketersediaab sarana dan prasarana penunjang praktikum dan hubungan dengan masyarakat sekitar menjadi penyebab ketidakefektifan sekolah. Pada persepektif employees and organization capacity, SMKN 1 Pujon menunjukkan hasil efektif di semua variabel-variabel yang diujikan, sedangkan di SMKN 2 Turen belum sepenuhnya efektif. Untuk ix perspektif financial, penggunaan dana BOS di kedua sekolah sudah sesuai dengan juknis yang dikeluarkan oleh pemerintah. Faktor-faktor internal yang berpengaruh terhadap pengembangan SMK berbasis keunggulan lokal adalah: (1) Kekuatan : a) Kurikulum yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat, b) Guru yang mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikannya, c) Lulusan yang siap kerja, d) Hubungan kerjasama yang baik antara sekolah dengan DU/DI, e) Penerapan manajemen berbasis sekolah (MBS) dan f) Lokasi sekolah sesuai potensi wilayah. (2) Kelemahan : a) Kurangnya peranan sekolah terhadap masyarakat sekitar, b) Kurangnya jiwa kewirausahaan siswa/lulusan, c) Kurangnya sarana dan prasarana penunjang praktikum, d) Belum ada data lulusan yang akurat dan e) animo siswa yang rendah terhadap kompetensi keahlian agribisnis dan agroteknologi. Faktor-faktor eksternal yang berpengaruh terhadap pengembangan SMK berbasis keunggulan lokal adalah: (1) Peluang : a) Potensi pertanian yang cukup besar di Kabupaten Malang, b) Komposisi penduduk Kabupaten Malang yang termasuk penduduk intermediate, c) Kebutuhan akan tenaga kerja terampil di bidang pertanian dan industri pengolahan hasil pertanian cukup besar, d) dukungan pemerintah terhadap pendidikan berbasis keunggulan lokal, dan e) terbukanya akses teknologi informasi. (2) Ancaman : a) Kurangnya minat masyarakat terhadap profesi di bidang pertanian, b)Banyaknya SMK-SMK yang lain dengan jurusan yang lebih disukai oleh masyarakat, c)Terbatasnya jumlah DU/DI yang relevan dengan kompetensi keahlian, dan d) Masuknya tenaga kerja asing akibat diberlakukannya MEA. Strategi yang diperoleh dari hasil analisis SWOT menghasilkan pilihan strategi SO (Strength – Opportunity), yaitu: a) Memfasilitasi pembentukan unit produksi di setiap sekolah, b) Membangun jaringan informasi sekolah yang bisa diakses oleh masyarakat, c) Penambahan kompetensi keahlian baru yang sesuai dengan potensi wilayah dan kebijakan pembangunan di sektor tersebut.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/370. 113/ELE/a/2016/041602023
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 28 Mar 2016 14:02
Last Modified: 28 Mar 2016 14:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157270
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item