Budhiarto, DimasPrihardito (2013) Pelaksanaan Program Love Jamsostek pada Pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) PT.Jamsostek dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Studi Pada PT.Jamsostek (persero) Kantor Cabang Malang,. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini mengangkat judul pelaksanaan program love Jamsostek pada pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik yang dilaksanakan pada PT.Jamsostek (persero) Kantor Cabang Malang. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan program love jamsostek pada pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik dan Apa saja kah faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program love jamsostek pada pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik. Fokus penelitian ini adalah pelaksanaan program love jamsostek pada pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik dan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program love jamsostek pada pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis mengenai pelaksanaan program love jamsostek pada pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik dan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program love jamsostek pada pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik pada PT.Jamsostek (persero) Kantor Cabang Malang. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis dan sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknis pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisa secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT.Jamsostek (persero) Kantor Cabang Malang dalam pelaksanaan program love jamsostek pada pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik sudah berjalan dengan baik. Pelaksanaan dari sistem dan prosedur dilakukan dengan sistem dan prosedur yang sederhana dan mudah dipahami peserta Jamsostek. Hal ini ditandai dengan implementasi Sistem dan prosedur pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) pada PT.Jamsostek (persero) Kantor Cabang Malang baik itu dalam pengajuan Klaim maupun dalam pembayaran santunan sudah sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dari pusat dan dilakukan secara teliti, walaupun masih dijumpai adanya kendala-kendala yang menghambat kelancaran sistem dan prosedur dalam pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Faktor-faktor penghambat yang dihadapi adalah dari segi kualitas sumber daya aktor pemberi pelayanan pada PT.Jamsostek (persero) Kantor Cabang Malang dan partisipasi tenaga kerja dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Disamping itu, berdasarkan hasil penelitian peneliti menemukan kendala lain diluar kendala-kendala tersebut, yaitu kendala permasalahan administrasi yang menghambat kelancaran proses implementasi program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Dalam penelitian ini penulis menyarankan bahwa pelayanan yang diberikan PT.Jamsostek (persero) Kantor Cabang Malang dengan adanya program love jamsostek dalam pemberian pelayanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) harus lebih baik lagi dan lebih profesional lagi dan kendala-kendala yang dihadapi harus diminimalisir agar terciptanya peningkatan kualitas pelayanan publik kearah yang lebih baik.
English Abstract
This research title is ” The Implementation of Love Jamsostek Programme in Working Accident Guarantee Service in Order to Improve the Quality of Publik Service” held in PT.Jamsostek (persero) Malang, Branch Office. Main problem in this research is how the implementation of Love Jamsostek Programme in Working Accident Guarantee Service in Order to Improve the Quality of Publik Service and what is the supported and brominated factors in the implementation of Love Jamsostek Programme in Working Accident Guarantee Service in Order to Improve the Quality of Publik Service. Focus of this research is the implementation of Love Jamsostek Programme in Working Accident Guarantee Service in Order to Improve the Quality of Publik Service and the supported and brominated factors in the implementation of Love Jamsostek Programme in Working Accident Guarantee Service in Order to Improve the Quality of Publik Service. This research aim to know and analysis of the implementation of Love Jamsostek Programme in Working Accident Guarantee Service in Order to Improve the Quality of Publik Service and to know and analysis the supported and brominated factors in the implementation of Love Jamsostek Programme in Working Accident Guarantee Service in Order to Improve the Quality of Publik Service. in PT.Jamsostek (persero) Malang, Branch Office. The kind of research is descriptive analysis using qualitative method. The kind and source of data on this research is primery data and secondary data. The method of data collection to use in this research is interview, observation and documentation. Analysis of data on this research is descriptive using qualitative method. Research result show that in PT.Jamsostek (persero) Malang, Branch Office the implementation of Love Jamsostek Programme in Working Accident Guarantee Service in Order to Improve the Quality of Publik Service , applied well. Systematically action by procedure will doing in simply way and easy to understand by the member of Jamsostek. This case, signs with implementation system and order service of work accident guarantee in Jamsostek (persero) Malang, Branch Office. Even in claim order and also compensation paid matches with implementation guideline and technical order from the chief, eventhought we have found some problems that abstract the work system and orther procedurein work accident guarantee. The problems that appears is come from quality of source of order giving to PT.Jamsostek (persero) Malang, Branch Office and labour participation in program of work accident guarantee. In other way, according to this research, we will found another problems outside that, which is in administration problem that abstracle the good implementation process of accident guarantee. Researcher suggested that to order service of Jamsostek (persero) Malang, Branch Office with love jamsostek programme on give service of working accident guarantee must be better and professionalism in the future. The problems must be minimize for the creation of an increase in the quality of public service at better.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/368.384/BUD/p/041402460 |
Subjects: | 300 Social sciences > 368 Insurance > 368.3 Old-age insurance and insurance againts death, illness, injury |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 20 May 2014 10:26 |
Last Modified: | 20 May 2014 10:26 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157266 |
Actions (login required)
View Item |