Implementasi Kebijakan Pengelolaan Persampahan Kota Baubau (Studi Pada Dinas Kebersihan, Pertamanan, Pemakaman, Dan Pemadam Kebakaran (Kp3k) Kota Baubau)

Said, LaOdeAgus (2015) Implementasi Kebijakan Pengelolaan Persampahan Kota Baubau (Studi Pada Dinas Kebersihan, Pertamanan, Pemakaman, Dan Pemadam Kebakaran (Kp3k) Kota Baubau). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Isu strategis dalam penanganan sampah menjadi skala prioritas demi kenyamanan dan kebersihan lingkungan sekitar tentunya perlu pengelolaan sampah dilaksanakan semaksimal mungkin. Kota Baubau memiliki peraturan daerah yang mengatur tentang persampahan, melalui Perda Nomor 6 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Persampahan. Dijabarkan dalam program pengembangan kinerja pengelolaan persampahan, bertujuan untuk meningkatkan kebersihan kota dari sampah. Berangkat dari persoalan pengelolaan sampah untuk menganalisis belum efektinya kebijakan pemerintah. Olehnya itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pesampahan yang dilakukan oleh pemerintah Kota Baubau. Tujuan penelitian ini yakni : pertama, untuk mengidentifikasi dan menganalisis implementasi kebijakan Pengelolaan Persampahan; kedua, mengidentifikasi dan menganalisis peran aktor dalam pengelolaan persampahan Kota Baubau; ketiga, menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan pengelolaan persampahan Kota Baubau. Penelitian ini menggunakan pendekatan qualitatif research. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi, dokumentasi, serta dianalisis dengan menggunakan teknik analisa data model interaktif Miles Huberman dan Saldana, dan keabsahan data berdasarkan oleh uji yakni : kredibilitas, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Tinjauan analisis dalam penelitian ini menggunakan model Implementasi kebijakan Edward III, yaitu : 1). Komunikasi, Sumberdaya, Disposisi dan Struktur Birokrasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program pengembangan kinerja pengelolaan persampahan dalam hal komunikasi dalam internal Dinas Kebersihan yakni pelaksanaan program belum berjalan secara optimal, hal ini terlihat masih terdapat beberapa pasukan kuning yang enggan melakukan tugasnya untuk melakukan pengangkutan sampah, adapun komunikasi mengenai koordinasi yang dijalankan oleh Dinas Kebersihan P3K Kota Baubau dengan pihak instansi lain berjalan dengan baik. Dukungan sumber daya memberikan pengaruh besar terhadap tercapainya ataupun tidaknya suatu kebijakan pengelolaan persampahan di Kota Baubau. Kaitannya sumberdaya tersebut yakni sumberdaya manusia yakni pasukan kuning masih dikategorikan minim jumlahnya untuk melaksanakan program. Adapun terkait dengan sumberdaya lain yakni terkait sarana dan persampahan sejauh ini masih sebagai

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/363.728/SAI/i/2015/041505087
Subjects: 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.7 Environmental problems
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 31 Aug 2015 09:08
Last Modified: 11 Feb 2022 03:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157221
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi, dll.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi, dll.pdf

Download (494kB) | Preview
[thumbnail of 1. Cover Tesis La Ode Agus Said.pdf]
Preview
Text
1. Cover Tesis La Ode Agus Said.pdf

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB I Latar Belakang.pdf]
Preview
Text
3. BAB I Latar Belakang.pdf

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 6. BAB IV Metode Penelitian.pdf]
Preview
Text
6. BAB IV Metode Penelitian.pdf

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB III Analisis Sosial Setting.pdf]
Preview
Text
5. BAB III Analisis Sosial Setting.pdf

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 7. BAB V Hasil Penelitian & Pembahasan.pdf]
Preview
Text
7. BAB V Hasil Penelitian & Pembahasan.pdf

Download (597kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB II Tinjauan Pustaka.pdf]
Preview
Text
4. BAB II Tinjauan Pustaka.pdf

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8. BAB VI Kesimpulan dan Saran Revisi.pdf]
Preview
Text
8. BAB VI Kesimpulan dan Saran Revisi.pdf

Download (27kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item