Public Perceptions Toward Public Service Quality (Study In Kendalsari Community Health Centre Malang City)

Insani, PriskadiniApril (2013) Public Perceptions Toward Public Service Quality (Study In Kendalsari Community Health Centre Malang City). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sementara globalisasi telah memberikan peluang baru untuk pembangunan ekonomi dan sosial ke negara-negara di seluruh dunia, ia telah meninggalkan jutaan orang yang tinggal di negara-negara di mana pemerintah belum menyesuaikan prioritas dan tindakan mereka terhadap tuntutan yang muncul. Berbagai tuntutan orang-orang di dunia harus mendapatkan kehidupan yang baik untuk kebutuhan hidup. Oleh karena itu, pemerintah mengelola dan mengintegrasikan masalah fundamental di dunia untuk satu tujuan. Program ini adalah `Tujuan Pembangunan Millenium` (MDGs). Dalam memberikan layanan kesehatan yang berkualitas, Pusat Kesehatan Komunitas Kendalsari masih memiliki beberapa masalah yaitu: kurangnya sumber daya manusia karena sering terjadi pekerjaan yang tumpang tindih di antara petugas, keterbatasan ruangan, terjadinya miskomunikasi kepada pasien dengan pasien Layanan biaya kesesuaian, dan akses terbatas. Tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Untuk menggambarkan dan menganalisis persepsi publik terhadap kualitas layanan publik di Pusat Kesehatan Masyarakat Kendalsari Kota Malang. 2) Untuk menggambarkan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi publik terhadap kualitas layanan publik di Pusat Kesehatan Masyarakat Kendalsari Kota Malang. Penelitian ini dilakukan dalam metode kualitatif. Fokus pada Indeks Kepuasan Publik. Data dikumpulkan sesuai dengan data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan sebagai berikut pengamatan, wawancara, dokumentasi, kuesioner. Penelitian ini menggunakan model interaktif analisis data dengan mil Huberman. Hasil penelitian ini adalah 1) berdasarkan indeks kepuasan publik, Pusat Kesehatan Komunitas Kendalsari dari Analisis sebesar 75,82. 2) Faktor pendukung yaitu: Sumber daya manusia, fasilitas dan infrastruktur selesai, kejelasan SOP, anggaran pemerintah, sinergi antara pemerintah, publik dan pribadi, dan lokasi strategis. Tetapi di sisi lain, faktor penghambat ada kurangnya sumber daya manusia, keterbatasan layanan kamar, miskomunikasi antara petugas dan pasien yang terkait dengan layanan biaya kesesuaian, dan akses terbatas. Rekomendasi tersebut adalah 1) Kecepatan Layanan Petugas, informasi dewan tentang estimasi waktu tidak hanya ada di meja, setiap poli yang diperlukan memiliki estimasi waktu dibaca dan diketahui oleh pasien. 2) Layanan jadwal kepastian, monitor dan kontrol alarm yang telah dalam pengaturan dengan menunjukkan jam dan penutupan awal layanan. Alarm ini jika ada bisa meminimalkan keterlambatan. 3) Petugas Layanan Disiplin, harus menggunakan Jam Periksa Sistem untuk semua personel yang mudah dipantau. Kemudian, rekomendasi sebagai berikut, perwira yang meningkat terutama personel medis, menambahkan kamar untuk layanan khusus, sosialisasi menggunakan bahasa itu mudah dan disampaikan dengan jelas dan lurus, dan distribusi obat-obatan melalui rumah sakit terdekat.

English Abstract

While globalization has provided new opportunities for economic and social development to countries around the world, it has left behind millions of people who live in countries where governments have not adjusted their priorities and action to the emerging demands. Various demands of the people in the world should get a good life for living needs. Therefore, the government manages and integrates the fundamental problems in the world for one purpose. The program is “Millenium Development Goals” (MDGs). In providing the health service of quality, Kendalsari Community Health Centre still have some problems that are: lack of human resources because of frequent occurrence overlapping work among officers, the limitation of the room, the occurrence of miscommunication between the officers with a patient related to the conformity cost service, and limited access. The research objectives as follows: 1) to describe and analyze the public perceptions toward public service quality in Kendalsari Community Health Centre Malang City. 2) to describe and analyze factors influence public perceptions toward public service quality in Kendalsari Community Health Centre Malang City. This research was conducted in qualitative method. Focus on Public Satisfaction Index. Data collected according to primary data and secondary data. The data collected as follows observation, interview, documentation, questionnaire. This study used Data Analysis Interactive Model by Miles Huberman. The results of this research are 1) Based on Public Satisfaction Index, Kendalsari Community Health Centre of analysis the amounting to 75.82 is good. 2) The supporting factors that are: human resources, facilities and infrastructures are complete, clarity of SOP, government budget, synergy between the government, public and private, and strategic location. But on the other hand, the inhibiting factors there are a lack of human resources, the limitation of the room service, miscommunication between the officer and patient related to the conformity costs service, and limited access. The recommendation are 1) Speed of services officer, board information about time estimation are not only there at the counter, any poly required have time estimation is read and known by patients. 2) Certainty schedule service, monitor and control of alarm that has been in a setting by showing hours and the closing of the start of the service. This alarm if there is can be minimize delay. 3) Discipline service officer, should use system check clock for all the personnel to be easily monitored. Then, recommendation as follows increasing officers especially medical personnel, adding the room for special service, socialization using language is easy and delivered with clear and straight, and the distribution of medicine through the hospital nearest.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/362.1/INS/p/041311692
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 May 2014 11:51
Last Modified: 22 May 2014 11:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157073
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item