Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Strategi Harga Terhadap Kepuasan, Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Jamaah Umroh Sawita Group

Firdaus, Ferry (2012) Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Strategi Harga Terhadap Kepuasan, Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Jamaah Umroh Sawita Group. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Besarnya jumlah umat Islam di Indonesia berimplikasi pada besarnya jumlah jamaah umroh dan haji tiap tahunnya. Terbatasnya kuota haji menjadikan daftar waiting list haji regular semakin panjang. Pilihan umroh lebih realistis dan relevan, sebab waktunya tidak ditentukan. Besarnya jumlah jamaah umroh ini emberikan peluang bagi berkembangnya usaha jasa perjalanan umroh. Sawita Group sebagai salah satu jasa pelayanan umroh memiliki komitmen untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan yang puas dan loyal dengan cara yang efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan strategi harga terhadap kepuasan jamaah Sawita Group serta pengaruh strategi harga dan pengaruh tingkat kepuasan pelanggan terhadap tingkat loyalitas jamaah Sawita Group. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan metode survey, menggunakan desain expost facto, dimana pengamatan dilakukan secara langsung pada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jamaah umroh Sawita Group yang telah diberangkatkan pada tahun 2011 dan 2012, berjumlah 372 orang jamaah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Dalam penelitian ini terdapat 4 buah variabel yang terdiri atas 2 variabel bebas, yakni kualitas layanan (X1) dan strategi harga (X2), kepuasan jamaah umroh (Y), dan loyalitas jamaah umroh (Z). Berdasarkan hasil uji t pada tingkat keyakinan 95% pada keseluruhan variabel menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan jamaah umroh, strategi harga berpengaruh positif terhadap kepuasan jamaah umroh, strategi harga berpengaruh positif terhadap loyalitas jamaah umroh dan kepuasan jamaah umroh tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas jamaah umroh.

English Abstract

The large number of Muslims in Indonesia have implications for the large number of Umrah and Hajj pilgrims every year. The limited quota of Hajj pilgrims makes waiting list regular Hajj getting longer. Options umroh more realistic and relevant, because the time was not specified. The large number of Umrah pilgrims provides an opportunity for the development of Umrah business travel services. Sawita Group as one Umrah services are committed to creating and maintaining satisfied and loyal customers in an efficient manner. This study aims to identify and analyze the effect of quality service and pricing strategy to the satisfaction of Sawita Group pilgrims and the effect of pricing strategies and the effect of customer satisfaction on loyalty levels Sawita Group pilgrims. The study was conducted with quantitative approach, using survey methods, using expost facto design, where the observations were made directly to the respondent. The population in this study are all Umrah pilgrims who had been dispatched Sawita Group in 2011 and 2012, amounted to 372 worshipers. The data was collected using a questionnaire instrument. In this study there are 4 variables that consists of two independent variables, namely the quality of service (X1) and pricing strategies (X2), Umrah pilgrims satisfaction (Y), and loyalties Umrah pilgrims (Z). Based on the results of t-test at 95% confidence level on the overall service quality variables showed positive effect on satisfaction Umrah pilgrims, pricing strategy have positive influence on satisfaction Umrah pilgrims, pricing strategy have positive influence on loyalty Umrah pilgrims and Umrah pilgrims satisfaction did not significantly affect loyalty Umrah pilgrims.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/362.1/FIR/a/041303596
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 May 2014 11:33
Last Modified: 13 May 2014 11:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157070
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item