Pengembangan Ekonomi Lokal melalui Implementasi Kebijakan Pengembangan UMKM (Studi pada Dinas Perekonomian dan Pariwisata di Kabupaten Tuban)

Hariyoko, Yusuf (2016) Pengembangan Ekonomi Lokal melalui Implementasi Kebijakan Pengembangan UMKM (Studi pada Dinas Perekonomian dan Pariwisata di Kabupaten Tuban). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis tentang manfaat implementasi pengembangan UMKM di Kabupaten Tuban dan dampaknya pada pengembangan ekonomi lokal. Hal ini dikarenakan Kabupaten Tuban memiliki potensi UMKM di berbagai sektor yang masih perlu untuk dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif dengan analisis SSM. Fokus penelitian (1) Implementasi kebijakan pengembangan UMKM di Kabupaten Tuban, meliputi: komitmen pemerintah daerah, karakteristik agen pelaksana, serta jenis kegiatan dan manfaat yang dihasilkan. (2) hasil pengembangan UMKM, meliputi: adanya WUB, inovasi produk, dan berkembangnya potensi daerah. (3) faktor yang berpengaruh, meliputi: sistem manajemen UMKM, karakter peserta pelatihan, dan kemampuan inovasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Tuban sudah memiliki komitmen untuk mengembankan UMKM. Dinas Perekonomian dan Pariwisata merupakan SKPD yang bertanggung jawab dalam pengembangan UMKM. Kegiatan pengembangan UMKM sudah ada dan mampu meningkatkan UMKM. Wirausahawan baru terus meningkat. Inovasi produk semakin berkembang. Potensi daerah sudah mulai berkembang. Kualitas sistem manajemen UMKM menjadi kendala. Peserta pelatihan kurang mampu berkembang. Kemampuan berinovasi dari UMKM masih rendah. Saran yang dapat diberikan mengacu pada hasil penelitian yang sudah dijabarkan. Anggaran masih perlu diperhatikan. Pemerintah harus mampu menggandeng stakeholders lain. Kegiatan yang berfokus pada kebijakan perlu diberi perhatian lebih. Harus dibuat sistem yang mampu menumbuhkan wirausahawan baru secara otomatis. Pengawasan pada produk yang berkembang perlu diperhatikan. Perlu perencanaan pengembangan potensi dengan menggunakan sistem modern dan ramah lingkungan. Pelatihan sistem manajemen UMKM perlu ditingkatkan. Pemilihan peserta pelatihan menjadi kunci dalam pelatihan. Pelatihan yang diberikan harus mampu memberikan kemampuan UMKM untuk berinovasi.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/354.279 9/HAR/p/2016/041611310
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.2 General considerations of public administration
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 02 Feb 2017 09:38
Last Modified: 02 Feb 2017 09:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157004
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item