Implementasi Program Sejuta Rumah Melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (Studi Pada PT. Bank Tabungan Negara KCP Banyuwangi)

Ramadhan, Arif (2017) Implementasi Program Sejuta Rumah Melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (Studi Pada PT. Bank Tabungan Negara KCP Banyuwangi). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan utama kekurangan persediaan perumahan paling dirasakan oleh masyarakat berpenghasilan rendah. Pasar perumahan tidak mampu menyediakan harga yang menjangkau bagi mereka. Masalah ketidakterjangkauan perumahan ini berkaitan dengan tingkat pendapatan, penyediaan dan biaya lahan, biaya konstruksi, dan harga rumah. Dalam hal inilah pentingnya sebuah mekanisme atau suatu program pembiayaan perumahan yang dapat terjangkau oleh mereka. Sebagai upaya pemerintah untuk dapat menyediakan rumah yang layak bagi masyarakat, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mencanangkan Program Sejuta Rumah. Program ini diterapkan oleh pemerintah dalam penyelesaian backlog perumahan nasional. Mengenai konsep pembiayaan Program Sejuta Rumah, pemerintah memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). FLPP merupakan pemberian pinjaman kepada lembaga keuangan bank dengan tingkat suku bunga sangat lunak yaitu ditetapkan satu digit sepanjang masa pinjaman (fixed rate). FLPP memberikan uang muka sebesar satu persen dan suku bunga pinjaman sebesar lima persen. Jangka waktu pinjaman diberikan hingga jangka waktu 20 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan: 1) proses implementasi Program Sejuta Rumah bagi MBR melalui skema pembiayaan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP); 2) kinerja Program Sejuta Rumah melalui pembiayaan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bagi kepemilikan rumah masyarakat. Penelitian ini membahas tentang: 1) Implementasi Program Sejuta Rumah melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) di Kabupaten Banyuwangi. Program ini bertujuan memberikan pembiayaan rumah yang terjangkau bagi masyarakat. Kelompok sasaran dari program ini adalah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Penelitian menggunakan model implementasi Edward III untuk menganalisis implementasi dari Program Sejuta Rumah di Kabupaten Banyuwangi; 2) kinerja Program Sejuta Rumah melalui pembiayaan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bagi kepemilikan rumah masyarakat. Analisis kinerja mengunakan teori Van Meter dan Van Horn. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa implementasi Program Sejuta Rumah secara umum sudah dilaksanakan dengan baik. Kendala ada pada aspek sumber daya dan komunikasi yaitu kurangnya petugas yang melayani dan cakupan sosialisasi masih di sekitar perkotaan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/353.59/RAM/i/2017/041702870
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.5 Public administration of social warfare
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Apr 2017 09:39
Last Modified: 06 Jul 2022 08:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156968
[thumbnail of ARIF RAMADHAN.pdf] Text
ARIF RAMADHAN.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item