Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Korupsi di Tingkat Kabupaten dan Kota di Indonesia (Dalam Konteks Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah)

Rosalina, Kristin (2011) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Korupsi di Tingkat Kabupaten dan Kota di Indonesia (Dalam Konteks Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Korupsi menjadi permasalahan serius bagi sebagian besar negara di dunia, terutama bagi negara-negara berkembang seperti Indonesia. Penelitian ini menganalisis beberapa faktor yang mempengaruhi korupsi pejabat publik di tingkat kabupaten dan kota di Indonesia. Beberapa faktor tersebut adalah desentralisasi fiskal, akuntabilitas pemerintah, transparansi pemerintah, level of economic development dan pendidikan masyarakat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data antar waktu ( cross sectional data ) yang meliputi 46 kabupaten dan kota di Indonesia pada tahun 2008. Penelitian ini menggunakan uji regresi berganda sebagai teknik analisis datanya. Hasil dari pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa hanya transparansi pemerintah yang memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap korupsi pejabat publik. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa daerah yang pemerintahnya transparan akan cenderung memiliki tingkat keterjadian korupsi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan daerah yang pemerintahnya tidak transparan.

English Abstract

Corruption is a serious problem for most countries in the world, especially for developing countries like Indonesia. This study analyzed several factors that influence public officials corruption in Indonesian District and Cities. Some of those factors are fiscal decentralization, governmental accountability, governmental transparency, levels of economic development and community education. The data used in this study are cross-sectional data which covers 46 indonesian regencies and cities in 2008. This study used multiple regression test to analyze the data. The results of the tests performed showed that only governmental transparency had significant negative impacts on public official corruption. These results indicate that regions which have a transparent government tend to have a lower level of corruption occurrence compared with the areas where the government is not transparent.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/353.46/ROS/f/041102881
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.4 Public administration of justice
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 23 Sep 2011 11:01
Last Modified: 23 Sep 2011 11:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156952
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item