Luther, KalaMartien (2011) Reformasi Administrasi di Kantor Bersama SAMSAT Malang Kabupaten II dalam Rangka Pelayanan Publik. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tuntutan masyarakat akan sebuah pelayanan yang lebih baik dalam pengurusan surat-surat kendaraan bermotor memuncuk seiring dengan tuntutan untuk dilakukan reformasi total terhadap struktur dan sistem pelayanan bagi organisasi-organisasi pemerintah. Keadaan demikian menjadikan penulis terdorong untuk merespon kehendak yang dituntut masyarakat tersebut melalui penelitian pada Kantor Bersama SAMSAT Malang Kabupaten II Karangploso dengan tujuan untuk mengkaji reformasi administrasi yang dilakukan demi meningkatkan pelayanan publik yang kredibel dan akuntabel. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan 1) reformasi adminsitrasi pelayanan publik pada Kantor Bersama SAMSAT Malang Kabupaten II; dan 2) mengindentifikasi, mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterpretasikan faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan reformasi administrasi pelayanan publik pada Kantor Bersama SAMSAT Malang Kabupaten II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) teknik wawancara yang ditujukan kepada narasumber (informan) yang ditentukan sesuai kebutuhan penelitian (teknik purposive ), yakni koordinator Kantor Bersama SAMSAT Malang Kabupaten II dan informasi terus bergulir ke unit pelayanan teknis (UPT) dari Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Propinsi Jawa Timur serta pegawai-pegawai yang ada dan akan berhenti ketika penulis menganggap bahwa informasi itu telah jenuh - memenuhi kebutuhan penelitian (teknik snowball ). Penelusuran data melalui informasi ini menjadikan interview guiding sebagai instrumen utama dalam memandu setiap pertayaan yang ditujukan kepada informan. Di samping itu juga digunakan teknik pengamatan, dan dokumentasi dengan tujuan agar terjadi koreksi data diantara masing-masing teknik sehingga data yang dihasilkan menjadi valid. Data-data tersebut kemudian dianalisa secara deskriptif-kualitatif dengan analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reformasi administrasi pelayanan yang dilaksanakan oleh Kantor Bersama SAMSAT berhasil menciptakan pelayanan yang mampu memberikan kepuasan bagi masyarakat pemohon atau pemilik kendaraan bermotor yang ditandai oleh adanya sistem dan prosedur pelayanan yang sederhana, cepat, dan lancar. Walau demikian secara organisatoris hirarki kewenangan cukup panjang mengakibatkan kurang efektif dalam proses pengambilan keputusan terutama pada masalah-masalah yang membutuhkan penyelesaian secara cepat. Faktor-faktor yang mendukung reformasi administrasi pelayanan yang dapat memberi pelayanan yang efektif ini adalah sumber daya manusia yang ada memiliki kecakapan teknis yang baik dalam memahami bidang tugas pelayanan, terjalinnya komunikasi yang terbuka dan lancar baik komunikasi vertikal maupun komunikasi horizontal, dan adanya disposisi (motivasi dan sikap) pegawai yang berorientasi pada tugas. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya adalah struktur birokrasi yang panjang (UPT dan organisasi induk) dalam hal pengambilan keputusan, gaya kepemimpinan yang lebih dominan mengamankan kebijakan organisasi induk dan kurang memberikan kesempatakan kepada pegawai untuk berkreasi dan berinovasi, dan kegiatan organisasi belum didukung dengan dokumen penuntun, Rencana Strategis (RENSTRA). Saran dari peneliti adalah dalam usaha untuk lebih mengefektifkan pelayanan, maka perlu dilakukan reformasi struktur, yakni menjadikan Kantor Bersama SAMSAT sebagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD), sehingga memiliki otonomi dalam mengelolah organisasi dan membuat keputusan serta bertanggungjawab kepada Bupati. Di samping itu sistem dan prosedur pelayanan perlu dilakukan desiminasi kepada publik melalui iklan layanan masyarakat, pelayanan dengan metode E-Go (Electronic Government) , serta perlu dilakukan tour of duty bagi pegawai sebagai bagian dari langkah promosi untuk mengurangi tingkat kekurangan berkas persyaratan dalam pengurusan surat-surat kendaraan bermotor.
English Abstract
Public demands for a better service in the maintenance of motor vehicles letters culminated in line with the demands to be total reform of the structures and systems services for government organizations. This condition making the writer will be encouraged to respond to the demands that society through research at the KB SAMSAT Malang Regency II Karangploso with a view to reviewing the administrative reforms undertaken to improve public services in a credible and accountable. The purpose of this study was to describe, analyze and interpret 1) public services administration reform at KB SAMSAT Malang Regency II, and 2) identify, describe, analyze, and interpret the factors supporting and inhibiting the implementation of public services administration reform at KB SAMSAT Malang Regency II. Techniques of data collection in this study were (1) interviewing techniques aimed at the sources (informants) who depend on the needs of research (purposive technique), i.e. the coordinator of KB SAMSAT Malang Regency II, and information continues to scroll through the Technical Services Unit (UPT) of the Revenue Service Regional (Dipenda) Province of East Java as well as existing employees and will cease when the author considers that the information was already saturated - to meet the needs of the study (snowball technique). Tracking data through this information make interview guiding as a principal instrument in guiding each of the questions addressed to the informants. In addition it is also used observation techniques and documentation in order for correction of data between each technique so that the resulting data becomes valid. These data are then analyzed in a descriptive-qualitative analysis of interactive models. The results showed that the service administrative reform by KB SAMSAT managed to create services that can provide satisfaction for the people of the applicant or owner of a motor vehicle which is characterized by the presence of systems and procedures are simple, fast, and smoothly. However, the organizational hierarchy, authority long enough lead to less effective decision-making processes especially on issues that need resolution quickly. Factors that support the services administrative reform that can provide effective services is the human resources that exist have good technical skills in understanding the field of ministry, establishment of communication open and smooth communication both vertical and horizontal communication, and the disposition (motivation and attitudes) employee-oriented tasks. While the inhibiting factor is a long bureaucratic structure (UPT and parent organizations) in decision-making, dominant leadership style is more secure parent organizations policy and provide less opportunity for employees to be creative and innovate, and organizational activities have not been supported by the guiding document, the Strategic Plan (Strategic Plan). Advice from researchers is in an effort to further streamline the service, it is necessary to reform the structure, which makes the KB SAMSAT as a working unit area device (SKPD), so it has autonomy in the organization manage and make decisions and be responsible to the Regent. In addition, systems and procedures necessary to dissemination to the public through community service, service with e-go method Go (Electronic Government), as well as the necessary tour of duty for employees as part of promotional measures to reduce the level of deficiency in the management letter file requirements the letter motor vehicle.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/353.36/LUT/r/041103898 |
Subjects: | 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.3 Public administration of services related to domestic order |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 20 Oct 2011 08:16 |
Last Modified: | 20 Oct 2011 08:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156948 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |