Pengembangan Sumber Daya Aparatur Melalui Pendidikan dan Pelatihan (Studi tentang Pendidikan dan Pelatihan pada Direktorat Nasional Kebijakan, Perencanaan dan Pembangunan, Kementerian Pendidikan dan K

Alves, Higino (2011) Pengembangan Sumber Daya Aparatur Melalui Pendidikan dan Pelatihan (Studi tentang Pendidikan dan Pelatihan pada Direktorat Nasional Kebijakan, Perencanaan dan Pembangunan, Kementerian Pendidikan dan K. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Direktorat Nasional Kebijakan, Perencanaan dan Pembangunan merupakan salah satu lembaga Pemerintah yang berada dan bertanggung kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Timor Leste. Direktorat Nasional Kebijakan, Perencanaan dan Pembangunan yang mempunyai tugas pokok dan Fungsinya memberikan pelayanan kepada masyarakat Timor Leste yang membutuhkan jasa layanan pendidikan maupun masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan, serta membuat perencanaan sistem pendidikan dan pembangunan dan memberikan informasi sistem pendidikan, penelitian dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan hal-hal sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui dan mengkaji pengembangan sumber daya aparatur di Direktorat Nasional Kebijakan, Perencanaan dan Pembangunan dan 2) Mengindentifikasi dan mendeskripsikan serta menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat program pengembangan sumber daya aparatur di Direktorat Nasional Kebijakan, Perencanaan dan Pembangunan. Fokus Penelitian ini adalah bagaimana kondisi Direktorat Nasional Kebijakan, Perencanaan dan Pembangunan yang mencakup: 1) Program Pengembangan Sumber daya aparatur di Direktorat Nasional Kebijakan, Perencanaan dan Pembangunan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Demokratik Timor Leste, yang meliputi: a. Jenis Pendidikan dan Pelatihan b. Peserta pendidikan dan pelatihan, c. Materi pendidikan dan pelatihan, d. Instruktur/Assessor pendidikan dan pelatihan, e. Metode pembelajaran pendidikan dan pelatihan, dan 2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat yang ada dalam proses pengembangan sumber daya aparatur yang dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan pada Direktorat Nasional Kebijakan, Perencanaan dan Pembangunan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Demokratik Timor Leste. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan di Direktorat Nasional Kebijakan, Perencanaan dan Pembangunan didesain (materi dan assessor/instruktur) oleh pegawai-pegawai asing yang diperbantukan di Kementerian Pendidikan termasuk dipekerjakan di Direktorat Nasional Kebijakan, Perencanaan dan Pembangunan, namun tidak disertai dengan desain suatu sistem pendidikan dan pelatihan yang bersifat permanen yang dilengkapi dengan kurikulum dan fasilitas pembelajarannya. Namun demikian materi kegiatan Pendidikan dan Pelatihan sesuai dengan kebutuhan organisasi terutama usaha untuk meningkatkan kecakapan dan atau keterampilan pegawai dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Saran dari peneliti adalah pegembangan sumber daya aparatur melalui pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Direktorat Nasional Kebijakan, Perencanaan dan Pembangunan telah mulai dilakukan, namun demikian belum dilengkapi dengan panduan kegiatannya. Oleh karena itu pada masa-masa mendatang agar kegiatan tersebut dapat berlangsung secara metodis dan sistematis, maka pihak Direktorat Nasional Kebijakan, Perencanaan dan Pembangunan harus mempertimbangkan: a. membuat pedoman (Kurikulum) penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan; b. menyusun silabus kegiatan pendidikan dan pelatihan; c. membentuk staf fungsional dalam lingkungan Direktorat yang memiliki wewenang, tugas dan fungsi yang hanya untuk membuat analisa kebutuhan, menetapkan tujuan dan sasaran, membuat indikator kinerja dan pengukuran kinerja; menetapkan metode, serta megimplementasikan dan mengevaluasi.

English Abstract

The National Directorate of Policy, Planning and Development is a governmental agency under the authority of The Ministry of Education and Culture of Timor Leste. The function and the duty of The National Directorate of Policy, Planning and Development are to serve the Timor Leste people that need the education service and people that is in the education field, and to plan the education system and development, and to inform the system of education, research etc. The objectives of the research are to describe, to analyze and to interpret the following: 1) to know and to analyze the development of human resource at The National Directorate of Policy, Planning and Development; and 2) to identify, to describe and to analyze the factors that support and hinder the development program of human resource at The National Directorate of Policy, Planning and Development. The research focuses on the how is the condition of The National Directorate of Policy, Planning and Development including: 1) the development program of human resource at The National Directorate of Policy, Planning and Development, The Ministry of Education and Culture of Timor Leste Democratic Republic, consisting of : a. Types of Education and Training b. The education and training participants, c. the education and training material, d. the education and training instructor/assessor, e. The method of education and training, and 2) The factors that support and hinder in the process of development program done through The education and training program at The National Directorate of Policy, Planning and Development, the Ministry of Education and Culture, Timor Leste Democratic Republic. The result shows that the human resource is the only strategic resource compared with the other resource owned by the organization. Recognizing the key feature of human resource in the organization, the leaders need to continue the improvement so the organization could be able to cope with the rapid and uncontrollable external change. The development of human resource is not beneficial for the personal but also for the organization. Thereby, the process of education and training program at The National Directorate of Policy, Planning and Development is designed by the foreign officers that are assigned at the Ministry of Education. The education and training held by The National Directorate of Policy, Planning and Development is moving toward the improvement of employee`s skill and competence in performing their duty and task. The suggestion is that the development of human resource via education and training program held by The National Directorate of Policy, Planning and Development was began, however it is not equipped with the activity manual yet. Therefore, in the future in order the program could run methodologically and systematically, The National Directorate of Policy, Planning and Development needs to consider the following: a. making the manual (curriculum) of education and training program; b. composing the syllabus of education and training program; c. establishing the functional staff that has an authority, duty and task to analyze the need, to set the goal and target, to set the indicator and the measurement; to set the method and to implement and to evaluate it.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.669/ALV/p/041102871
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 30 Sep 2011 12:27
Last Modified: 30 Sep 2011 12:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156927
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item