Peningkatan Kualitas Pelayanan Kenaikan Pangkat PNS Melalui Teknologi Informasi (TI) (Suatu Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang)

Santoso, Anang (2011) Peningkatan Kualitas Pelayanan Kenaikan Pangkat PNS Melalui Teknologi Informasi (TI) (Suatu Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan kenaikan pangkat sebagai bagian dari pekerjaan sektor publik, menuntut kinerja yang baik serta memerlukan usaha yang sungguh-sungguh untuk mewujudkannya karena kinerja birokrasi pemerintah saat ini ditengarai masih belum menunjukkan kinerja yang tinggi. Oleh karena itu dibutuhkan dukungan teknologi yakni teknologi informasi (TI) berupa Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) yang berbasis komputer. Dalam konteks inilah penelitian dilakukan untuk menganalisis peningkatan kualitas pelayanan kenaikan pangkat PNS melalui teknologi informasi (TI). Penelitian ini berbasis pada pendekatan deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk memperoleh deskripsi komprehensif tentang: (1) Aplikasi teknologi informasi (TI) dalam peningkatan kualitas pelayanan kenaikan pangkat PNS yang diterapkan oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang. (2) Peningkatan kualitas pelayanan kenaikan pangkat PNS melalui teknologi informasi (TI) yang diterapkan BKD Kabupaten Malang; (3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat kualitas pelayanan kenaikan pangkat PNS melalui teknologi informasi (TI). Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta dianalisis dengan menggunakan teknis analisis model interaktif. Kemudian keabsahan data ditentukan oleh uji credibility, transferability, dependability dan confirmability . Melalui hasil penelitian ini terungkap bahwa pertama, waktu pelayanan kenaikan pangkat, tidak tepat waktu atau tidak efisien. Kedua, data (informasi) lebih akurat. Ketiga, terjadi ketidakefisiensian Sumber Daya Manusia. Keempat, terdapat efisiensi anggaran operasional. Selain temuan di atas, ditemukan pula faktor-faktor pendukung yakni aturan main dari pemerintah pusat yang terkait dengan pendayagunaan TI yakni Peraturan Kepala BKN Nomor 20 Tahun 2008, komitmen pimpinan puncak terhadap pembangunan dan pengembangan TI, sarana dan prasarana (infrastruktur) TI. Sementara faktor-faktor penghambat yakni Sumber Daya Manusia dan anggaran operasional. Penelitian ini menyarankan, pertama, hendaknya BKD Kabupaten Malang merekomendasikan kepada BKN Pusat agar merevisi program SAPK dalam hal ini modul kenaikan pangkat sesuai dengan kebutuhan daerah. Kedua, Agar tidak terjadi keterlambatan pengiriman berkas usulan kenaikan pangkat, BKD Kabupaten Malang harus pro aktif menghubungi Satuan Kerja untuk segera mengirim berkas secara lengkap sebelum batas waktu yang telah ditentukan. Ketiga, staf/operator yang menangani SAPK Modul Kenaikan Pangkat perlu dikursuskan/mengikuti pelatihan program SAPK tersebut kepada pihak konsultan TI (Kantor Regional II BKN Surabaya) secara intensif dan berkelanjutan. Keempat, pencairan anggaran diupayakan bisa bersamaan dengan kebutuhan. Kelima, pembangunan dan pengembangan TI jangka menengah yaitu data dari SIMPEG bisa dipergunakan oleh Bidang Kepangkatan dan Penggajian serta bidang lainnya secara integrasi sesuai kebutuhan.

English Abstract

Promotion services as part of public sector jobs, demanding a good performance and require a genuine effort to make it happen because the current government bureaucracy is still not yet considered in the best performance. That is the reason why Application Service System Civil Service as information technology (IT) support with computer based is needed. This study was conducted to improving the quality of civil service promotion through information technology (IT) applied by Regional Personnel Agency of Malang Regency. This study applies the competing values approach to obtain a comprehensive description about : (1) The applications of Information Technology (IT) in improving the quality of civil servants service promotion applied by the Human Resources Agency of Malang Regency; (2) Improving the quality of civil service promotion through information technology (IT) applied by Regional Personnel Agency of Malang Regency; (3) The supporting and inhibiting factors of the quality of civil service promotion through information technology (IT) in Regional Personnel Agency of Malang Regency. The data for the study was obtained through observation, interviews and documentation. It analyzed using interactive technical analysis model. And the validity tested by the credibility, the transferability, the dependability and the confirmability. Through the results of this study revealed that, Firstly , the time for promotion services, is not timely or inefficient. Second , the data (information) is more accurate. Third , inefficiencies occur due to Human Resources. Fourth , there is an efficiency in the operational estimation. In addition, the supporting factors of the central government rules related to the utilization of IT, which is Peraturan Kepala BKN Nomor 20 Tahun 2008. While the inhibiting factors is the Human Resource and operational estimation. This study suggests, Firstly , that Regional Personnel Agency of Malang Regency should recommend National Personnel Agency Center to revise the promotional module in Application Service System Civil Service program based on local needs. Second , to avoid delay in the promotional proposal delivery, Regional Personnel Agency of Malang Regency must pro-actively contact the work units to immediately send the complete file before the deadline specified. Third , the staff/operators that handle the promotional module in Application Service System Civil Service program need to be trained about Application Service System Civil Service program to the IT consultants (Regional Personnel Agency in Surabaya) intensively. Fourth , the fund disbursement could be pursued simultaneously with the demand. Fifth , the medium-term IT development that data from SIMPEG can be used by the field rank and payroll as well as integration of other fields as needed.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.63/SAN/p/041103173
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 26 Sep 2011 11:09
Last Modified: 26 Sep 2011 11:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156902
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item