Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dalam Pelaksanaan Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) (Studi pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo)

Oktariyanda, TrendaAktiva (2013) Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dalam Pelaksanaan Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) (Studi pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelaksanaan pengurusan IMB perlu dikaji dan diteliti dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik, khususnya pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan hal-hal yang berkaitan dengan: (1) Pelaksanaan pengurusan IMB di BPPT Kabupaten Sidoarjo yang ditinjau dari: a) Standar Pelayanan Publik (SPP), b) Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008; dan (2) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pada pelaksanaan pengurusan IMB di BPPT Kabupaten Sidoarjo; serta (3) Peningkatan kualitas pelayanan publik dalam pengurusan IMB pada BPPT Kabupaten Sidoarjo, yang dilihat dari: a) Hasil-hasil yang telah dicapai oleh BPPT Kabupaten Sidoarjo dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, b) Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengkaji berbagai fenomena yang ada di lapangan berkaitan dengan pelayanan publik dalam mengurus IMB. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model pengkodean dan kategorisasi (Denscombe, 2007). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pelaksanaan pengurusan IMB pada BPPT Kabupaten Sidoarjo, ditinjau dari: SPP dan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008, meliputi: Prosedur dan mekanisme pelayanan IMB, persyaratan pelayanan IMB, waktu penyelesaian dan masa berlaku IMB, biaya retribusi IMB, sarana prasarana penunjang pelayanan, dan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 (kebijakan mutu, sasaran mutu dan monitoring evaluasi). Dari hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pengurusan IMB pada BPPT Kabupaten Sidoarjo sudah relevan dengan apa yang terkandung dalam SPP dan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008. Dalam pelaksanaan pelayanannya, BPPT Kabupaten Sidoarjo senantiasa berpedoman pada SPP dan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 yang telah ditetapkan. Meskipun dalam penerapan dan praktek teknisnya masih dijumpai beberapa masalah atau hambatan, yaitu: keterbatasan kewenangan, adanya calo ilegal dari internal dan eksternal BPPT, keterbatasan SDM dan sarana prasarana, serta kurangnya pemahaman masyarakat dalam mengurus IMB. Peningkatan kualitas pelayanan IMB dapat diamati dari 2 (dua) aspek, yaitu: 1). Hasil-hasil yang telah dicapai oleh BPPT Kabupaten Sidoarjo dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik; dan 2). Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Hasil-hasil yang telah dicapai oleh BPPT Kabupaten Sidoarjo, yaitu: a). Hasil survey IKM tahun 2012 untuk 25 jenis izin pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo yaitu sebesar 82,37 % (kategori Sangat Baik); b). Terjadi kenaikan terhadap jumlah penerbitan izin dalam Tahun 2012 sejumlah yaitu 13.680 izin dibanding Tahun 2011 yaitu 13.594 izin (Naik 0,99 %); dan lain-lain. Seperti yang disebut diatas, IKM juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, seperti Tahun 2011 sebesar 79,06% (Kategori Baik), kemudian Tahun 2012 naik menjadi sebesar 82,37% (Kategori Sangat Baik).

English Abstract

Implementation of the IMB needs to be examined and researched in order to improve the quality of public services, particularly in the Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) Sidoarjo Regency. This study aims to describe, analyze and interpret matters pertaining to: (1) The management of IMB in BPPT Sidoarjo Regency terms of: a) Standards of Public Service (SPP), b) Quality Management System ISO 9001: 2008; (2) Factors to be enabling and inhibiting the execution of IMB service at BPPT Sidoarjo Regency; and (3) Improving the quality of public services in the management of IMB at BPPT Sidoarjo regency, which is seen from: a). The results that have been achieved by BPPT Sidoarjo in order to improve the quality of public services; b). Community Satisfaction Index (IKM). This study used a qualitative approach to study various phenomena in the field related to the implementation of Building Permit Services (IMB). Techniques of data collection is done by: observation, interviews, and documentation study. Data analysis techniques performed by a coding and categorization model of data analysis. The results of this research showed: The implementation of licensing services Building Permit Services (IMB) on the BPPT Sidoarjo Regency, in terms of: Standard Public Service (SPP) and Quality Management System ISO 9001: 2008, including: The procedures and mechanisms of IMB service, IMB service requirements, turnaround time and period of validity of IMB, levy costs of IMB, supporting infrastructure services, and the implementation of the Quality Management System ISO 9001: 2008 (quality policy, quality objectives and monitoring and evaluation). From the results of this study illustrated that the implementation of the IMB maintenance at BPPT Sidoarjo is relevant to what is contained in the SPP and the Quality Management System ISO 9001: 2008. In their service delivery, BPPT Sidoarjo always be guided by the SPP and the Quality Management System ISO 9001: 2008 has been determined. Although the implementation and technical practices still found some problems or obstacles, namely: limited authority, the existence of illegal scalpers from internal and external BPPT, human resources and infrastructure limitations, as well as a lack of understanding of the community in taking care of the IMB. IMB service quality improvement can be observed from two (2) aspects, namely: 1). The results that have been achieved by BPPT Sidoarjo in order to improve the quality of public services, and 2). Public Satisfaction Index (HPI). The results that have been achieved by BPPT Sidoarjo regency, namely: a). In 2012 SMI survey results for the 25 types of permits on the Integrated Licensing Service Agency Sidoarjo regency is equal to 82.37% (category Very Good), b). An increase in the number of permit issuance in the amount of 2012 compared to 13,680 permits in 2011 is 13 594 permits (Up 0.99%), and others. As mentioned above, HPI also increased from year to year, as in 2011 amounted to 79.06% (Category Good), then in 2012 jumping by 82.37% (Category Very Good).

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.63/OKT/p/041404576
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 22 Aug 2014 11:35
Last Modified: 22 Aug 2014 11:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156897
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item