Implementasi Tiga Dimensi Perilaku Etis Pegawai Oleh Apip Di Pemerintah Kabupaten Lumajang

Sulistyaningrum, BenedictaFebrika (2015) Implementasi Tiga Dimensi Perilaku Etis Pegawai Oleh Apip Di Pemerintah Kabupaten Lumajang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah) memiliki peran strategis dalam pengelolaan keuangan daerah dari tahap perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, sampai dengan pelaporan keuangan daerah. Dalam rangka reformasi birokrasi, Pemerintah Kabupaten Lumajang merumuskan tiga dimensi (ketuhanan, kepemimpinan, dan kedisiplinan) untuk meningkatkan tata kelola dan pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan memahami implementasi tiga dimensi perilaku etis APIP dalam menjalankan tugas profesionalismenya sebagai auditor internal pemerintah. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus (case study) untuk mengakomodir tujuan penelitian. Penelitian dilakukan di Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur yang dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, dengan mengambil obyek pada Inspektorat Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur. Informan pada penelitian ini adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Inspektur Kabupaten Lumajang sebagai pimpinan Inspektorat Kabupaten Lumajang dan beberapa orang APIP di Inspektorat Kabupaten Lumajang yang memahami aktivitas APIP sesuai kebutuhan penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi langsung, observasi partisipan dan dokumentasi peristiwa atau aktivitas yang berkaitan dengan sasaran penelitian. Dimensi ketuhanan diimplementasikan oleh APIP dengan menjadikan agama sebagai rem dan charger; membentuk APIP sebagai pribadi yang amanah, ikhlas, dan istiqomah; dan APIP yang memanusiakan manusia. Dimensi kepemimpinan diimplementasikan melalui komitmen yang dimulai dari diri sendiri; keteladanan dan tanggung jawab; APIP yang dekat; dan followership. Dimensi kedisiplinan diimplementasikan melalui disiplin tupoksi; optimalisasi peran dan posisi; disiplin anggaran; dan melibatkan keluarga dalam kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.6/SUL/i/2015/041601594
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 29 Jul 2016 14:22
Last Modified: 29 Jul 2016 14:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156881
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item