Perubahan Organisasi pada Proses Penerapan PPK-BLUD dalam Perspektif New Institutional Theory (Studi Kasus di RSUD Dr. Iskak Tulungagung).

Astutiningrum (2016) Perubahan Organisasi pada Proses Penerapan PPK-BLUD dalam Perspektif New Institutional Theory (Studi Kasus di RSUD Dr. Iskak Tulungagung). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami perubahan organisasi yang terjadi setelah pengadopsian Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD). Perubahan organisasi dianalisis berdasarkan perspektif NIT dengan fokus penelitian terhadap proses pengadopsian PPK-BLUD yang menerapkan anggaran berbasis kinerja dan akuntansi basis akrual di RSUD dr. Iskak Tulungagung. Strategi penelitian adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif di bawah paradigma post-positivis. Hasil penelitian terhadap penggunaan anggaran berbasis kinerja dalam proses penyusunan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) di RSUD dr. Iskak Tulungagung menunjukkan terjadinya coercive isomorphism, sebagai upaya memperoleh legitimasi, yang didukung oleh mimetic ishomorphism, yaitu upaya peniruan terhadap organisasi lain, meskipun lemah. Gejala yang dominan adalah normative ishomorphism, yang ditunjukkan dengan kepercayaan normatif anggota organisasi bahwa anggaran berbasis kinerja merupakan sistem yang paling tepat bagi karakteristik rumah sakit. Penerapan anggaran berbasis kinerja dalam proses penyusunan RBA telah mendorong penggunaan dana lebih efektif dan efisien, sehingga RSUD dr. Iskak Tulungagung berpeluang mendapatkan keuntungan guna memotivasi organisasi menjadi berkembang dan lebih kompetitif sekaligus berorientasi pasar. Sementara pelembagaan terhadap akuntansi basis akrual menunjukkan tekanan untuk mendapatkan legitimasi sejak awal penggunaannya dalam proses penyusunan laporan keuangan di RSUD dr. Iskak Tulungagung. Hal ini menunjukkan terjadinya coercive isomorphism yang kuat karena pada perkembangan selanjutnya tekanan tersebut tetap menjadi alasan yang diyakini. Gejala mimetic ishomorphism juga terjadi meski lemah, sebagai pendukung faktor tekanan coercive sebelumnya. Gejala normative ishomorphism juga terjadi tetapi sangat lemah. Besarnya ongkos penerapan sistem akuntansi basis akrual ini juga tidak sebanding dengan minimnya manfaat yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.48/AST/p/2016/041612433
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.4 Financial administration and budgets
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Dec 2016 14:52
Last Modified: 14 Dec 2016 14:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156834
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item