Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial serta Implikasinya pada Asimetri Informasi

Anjarwi, AstriWarih (2012) Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial serta Implikasinya pada Asimetri Informasi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fenomena asimetri informasi saat ini menjadi hal sangat diperhatikan baik bagi investor dalam mempertimbangkan keputusan investasinya maupun pihak manajemen dalam meningkatkan nilai perusahaan. Dengan adanya pengaruh karakteristeristik perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial, diharapkan asimetri informasi yang terjadi di antara agent dan principal dapat berkurang sehingga kedua belah pihak dapat memperoleh keuntungan sesuai yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan yang diproksikan dalam size, profile, profitabilitas, jenis perusahaan, kepemilikan saham manajerial, dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial, yang kemudian menganalisis dampak pengungkapan tanggung jawab sosial terhadap asimetri informasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan publik yang listing di BEI (Bursa Efek Indonesia) pada tahun 2010-2011, sedangkan penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling . Adapun jumlah sampel sebanyak 524 perusahaan (tahun 2010 dan 2011). Kesimpulan pertama dari penelitian ini adalah bahwa size , profitabilitas, dan kepemilikan saham manajerial tidak memiliki pengaruh yang terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Berbeda dengan profile , jenis perusahaan, dan ukuran dewan komisaris yang memiliki berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Kesimpulan kedua yaitu perngungkapan tanggung jawab sosial dapat memperkecil tingkat asimetri informasi. Secara simultan, diketahui bahwa variabel size, profile , profitabilitas, jenis perusahaan, kepemilikan saham manajerial, dan ukuran dewan komisaris secara bersama-sama berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial.

English Abstract

Information asymmetry, a phenomenon which has been frequently discussed in recent days, drives a significant consideration not only for investors in making their decisions, but also for companies in increasing their business values. It may results in cooperative inefficiency between the two and in worse cases, market failure. Therefore, it is hoped that through companies` social responsibility obligations, the gap which lies in between can be anticipated and minimized, and at the end both parties could reach a win-win solution. This research aims to identify the correlation between corporate characteristics; which is being reflected through its size, profile, profitability, business type, managerial stakeholdership and commission board structure, and its corporate social responsibility which leads to the implication analysis of its obliged corporate social responsibility on the information asymmetry. This study examines public being listed on BEI throughout the financial year of 2010-2011 as the population. In total, a number of 524 enterprises have been examined. In conclusion, in can be said that firstly that size, profitability, and stakeholdership have no significant correlation to corporate social responsibility, whereas the profile, bussiness type, and commission board structure tend to contribute positively. Secondly, it is concluded that there is a negative correlation between the corporate social responsibility and the information asymmetry being anticipated.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/338.7/ANJ/p/041204104
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.7 Business enterprises
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 30 Nov 2012 10:23
Last Modified: 30 Nov 2012 10:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156068
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item