Analisis Komparatif dan Identifikasi Biaya Transaksi Pada UMKM (Studi Kasus UMKM lempok durian Citra Rasa dan Tiga Saudara di Kabupaten Bengkalis).

Riyanto, Tomy (2016) Analisis Komparatif dan Identifikasi Biaya Transaksi Pada UMKM (Studi Kasus UMKM lempok durian Citra Rasa dan Tiga Saudara di Kabupaten Bengkalis). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh UMKM, di mana muncul biaya-biaya yang membuat biaya operasional pelaku UMKM semakin besar yaitu biaya transaksi. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengidentifikasi biaya transaksi yang terdapat pada Tiga Saudara dan Citra Rasa, (2) Mengetahui komparasi biaya transaksi antara Tiga Saudara dengan Citra Rasa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods. Metode penelitian mixed methods yaitu penelitian yang mengkombinasikan atau menggabungkan antara metode kuantitatif dengan metode kualitatif. Data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi, lalu menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku secara umum atau generalisasi. Penyajian datanya dengan menggunakan tabel. Hasil penelitian ini menemukan bahwa biaya transaksi yang terdapat pada UMKM lempok durian terdiri dari 3 komponen yaitu market transaction cost, managerial transaction cost dan political transaction cost. Market transaction cost terdiri dari biaya iklan dan biaya pencarian informasi, managerial transaction cost terdiri dari biaya mengelola disributor dan biaya pengiriman bahan baku, dan political transaction cost terdiri dari biaya izin. Komparasi biaya transaksi pada Citra Rasa ternyata jauh lebih besar dibandingkan dengan biaya transaksi pada Tiga Saudara. Besarnya biaya transaksi pada Citra Rasa disebabkan oleh munculnya biaya dalam pengiriman bahan baku

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/338.51/RIY/a/2016/041612715
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.5 General production economics
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Dec 2016 15:44
Last Modified: 16 Dec 2016 15:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156054
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item