Mekanisme Perencanaaan Pembangunan Pariwisata di Provinsi Gorontalo (Studi Di Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informatika Provinsi Gorontalo)

Razak, DarmawatyAbdul (2014) Mekanisme Perencanaaan Pembangunan Pariwisata di Provinsi Gorontalo (Studi Di Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informatika Provinsi Gorontalo). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme perencanaan pembangunan pariwisata di provinsi gorontalo. Penelitian ini lebih difokuskan pada proses perencanaan pembangunan paraiwisata di provinsi gorontalo dan faktor yang menjadi penghambatnya. Penelitian ini dilakukan di Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informatika Provinsi Gorontalo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Sumber data berasal dari observasi, informan dan dokumen-dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif Miles and Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini di deskripsikan bahwa proses perencanaan pembangunan pariwisata yang dituangkan dalam rencana kerja Dinas Perhubungan Pariwisata dan Informatika Provinsi Gorontalo dalam proses penyusunan lebih dominan adalah peranan aktor internal yaitu SKPD, sedangkan aktor eksternal yaitu masyarakat dan Private Sektor peranannya belum optimal. Sementara yang menjadi faktor penghambat adalah kurangnya sumber daya manusia sebagai perencana pada Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informatika Provinsi Gorontalo dan minimnya dana yang dianggarkan untuk program yang direncanakan.

English Abstract

The purpose of this study is to determine the mechanism of tourism development planning in Province of Gorontalo which is focused on the tourism development planning process and the inhibiting factors. This study was conducted at Department of Transportation Tourism and Communication Information in Province of Gorontalo. The methods of study applied qualitative approach descriptively. The data source derived from observation, informants and documents. The data analysis technique applied was the analysis of Miles and Huberman interactive model which is reducing and present data, and draw conclusions. The results of this study described that the roles of the internal actors are more dominant in the process of preparing tourism development planning process as outlined in the work plan of the Department of Transportation Tourism and Communication Information in Province of Gorontalo are SKPDs, whereas the roles of external actors, namely the public and private sectors are not optimal yet. The inhibiting factors are the lack of human resources as a planner and the lack of funds budgeted for the planned program.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: tes/338.479 1/RAZ/m/2014/041500292
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 May 2015 16:18
Last Modified: 12 May 2015 16:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/156038
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item