Perencanaan Usaha Pengemukan (Fattening) Sapi Potong Menggunakan Metode Bisnis Model Canvas Di Kabupaten Lamongan, Propinsi Jawa Timur

Ralibi, Saifudin (2016) Perencanaan Usaha Pengemukan (Fattening) Sapi Potong Menggunakan Metode Bisnis Model Canvas Di Kabupaten Lamongan, Propinsi Jawa Timur. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum tentang usaha peternakan Sapi potong Di Kabupaten Lamongan Propinsi Jawa Timur. Membuat strategi usaha peternakan Sapi potong Di Kabupaten Lamongan Propinsi Jawa Timur dengan menggunakan metode business model canvas. Dan untuk menguji kelayakan usaha peternakan Sapi potong Di Kabupaten Lamongan Propinsi Jawa. Tugas akhir ini merupakan merupakan perencanaan dari bisnis peternakan penggemukan sapi potong, dimana dalam proses penjualanya dibagi menjadi dua berdasarkan segmentasi pasar yang ada. Segmentasi pasar dari bisnis ini yaitu RPH (Rumah Potong Hewan) dan feedloter. Perencanaan bisnis ini menggunakan metode business model canvas. Dimana dalam perencanaannya dilengkapi dengan perhitungan kelayaan dari bisnis ini dan juga strategi yang akan digunakan untuk pengembangan perusahaan. Tempat atau lokasi yang dipilih dalam perencanaan bisnis ini terletak Di Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kabupaten lamongan memiliki potensi yang cukup untuk melaksanakan bisnis ini, ketersediaan lahan dan letak geografis dari kabupaten ini sangat mendukung untuk dijalankan bisnis peternakan sapi. Strategi usaha peternakan sapi potong dengan menggunakan metode business model canvas sangat tepat, dimana dalam metode bisnis canvas terdapat 9 (sembilan) element yang sangat membantu terbentuknya bisnis ini. Berdasarkan hasil uji kelayakan usaha bisnis ini layak dijalankan karena dari hasil perhitungan PBP didapatkan hasil satu siklus atau 4 bulan, NPV didapatkan hasilRp. 7.126.510.521,- dengan asumsi tingkat suku bunga 12%, PI didapatkan hasil sebesar 7,57. dan IRR didapatkan hasil 71% dari tingkat suku bunga bank sebesar 12 %. Sedangkan strategi untuk pengembangan perusahaan akan mengunakan strategi pivot, dimana perusahaan akan mengembangkan dari segi produk berdasarkan hasil analisa pengembangan consumen.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/338.176 213/RAL/p/2015/041612356
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 06 Feb 2017 15:48
Last Modified: 06 Feb 2017 15:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155988
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item