Perancangan Strategi Promosi Destination Branding Pariwisata Malang Raya Melalui Media Audio Visual.

Bunga, ChaniraNuansa (2014) Perancangan Strategi Promosi Destination Branding Pariwisata Malang Raya Melalui Media Audio Visual. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu dari aspek industri yang kini mulai berkembang pesat. Semakin banyak pula negara yang mengklaim dirinya sebagai destinasi wisata akhir – akhir ini. Pariwisata memiliki daya tarik tersendiri yang apabila mendapatkan perhatian penuh akan mampu mengangkat daerah tersebut pada citra positif melalui upaya destination branding. Suatu studi kasus yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah perancangan promosi untuk wilayah destinasi wisata Malang Raya. Malang Raya sebagai wilayah yang memiliki luasan lebih dari 4.800 km2 merupakan daerah dengan keberagaman potensi wisata tinggi. Malang Raya telah memiliki beberapa model promosi yang tersebar di media internet. Hanya saja jika dikaji melalui konsep destination branding, model – model promosi ini masih memiliki kekurangan yang butuh diperbaiki. Oleh sebab itulah dibutuhkan suatu strategi promosi untuk memperkenalkan potensi wisata Malang Raya lebih lanjut. Upaya – upaya pengenalan potensi wisata seperti halnya iklan merupakan tahapan awal penciptaan destination branding, hingga nantinya mampu dijadikan pondasi dalam pembentukan citra positif suatu tujuan wisata bagi khalayak. Penelitian ini mengusung jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan mengambil langsung data berupa model promosi Malang Raya terdahulu, yaitu : situs portal informasi, blog, jejaring sosial, dan video melalui media internet. Data tersebut kemudian dianalisis berdasarkan analisis SWOT untuk ditemukan kelebihan dan kekurangannya. Lebih lanjut, hasil analisis tersebut diukur menggunakan indikator kecocokan dengan konsep destination branding. Kemudian hasilnya dijadikan landasan dalam perancangan solusi promosi pariwisata Malang Raya pada suatu model iklan pariwisata baru yang terintegrasi. Melalui hasil analisis didapatkan bahwa video merupakan media yang paling cocok digunakan untuk mempromosikan pariwisata Malang Raya. Video lebih mampu untuk menampilkan objektifitas fakta yang utuh melalui bentuk audio visual, sehingga lebih mudah mengasosiasikan pemikiran penonton pada fenomena mengenai destinasi yang dimaksud. Lebih dari itu pembuatan video pariwisata Malang Raya sebagai iklan yang terkonsep dengan baik masih jarang dilakukan. Hal ini merupakan suatu peluang, karena nantinya model iklan audio visual yang dibuat melalui penelitian ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi pihak – pihak terkait untuk mengkonsep iklan pariwisata Malang Raya selanjutnya.

English Abstract

Tourism is one aspects of industry are now beginning to grow rapidly. More countries that claim to be a tourist destination at this time. Tourism has its own charm which when is full attention will be able to lift the area in a positive image through destination branding efforts. A case study will be considered in this research is the design of the promotion for Malang`s tourism destination. Malang as a region which has an area of over 4,800 km2 a diversity of regions with high tourism potency. Malang has had some promotional models spread across the internet. But when it`s examined through the concept of destination branding, this promotional models still have deficiencies that need to be fixed. That is why we need a strategy to introduce the potential of tourism of Malang Raya. Efforts to introduce tourism potential is an early stage creation of the destination branding, till it will be able to be used as a foundation in the formation of a positive image of a tourist destination for the audience. This research brings a qualitative descriptive research. Data collection technique is to take the data in the form of direct promotion Malang Raya`s previous models, namely: websites, blogs, social networking, and also video via Internet. The data is then analyzed by a SWOT analysis to find advantages and disadvantages. Furthermore, the results of this analysis are measured using suitability indicators of the concept of destination branding. Then the results are used as a basis in designing solutions of Malang Raya`s integrated tourism promotion in a new ad model. Through the analysis we found that video is the most suitable media used to promote tourism Malang Raya. Videos are better able to show the objectivity of the intact fact through audio-visual form, so that making it easier to associate the viewers` thoughts on the phenomenon of the destination. Moreover video creation Malang tourism as well conceptualized ad is still rare. This is an opportunity, because later models of audio-visual advertisements made through this study is expected to be an example for concerned part to conceptualize the next Malang Raya`s tourism advertising.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/338. 479 1/BUN/p/041402173
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Apr 2014 14:02
Last Modified: 25 Apr 2014 14:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155942
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item