Analisis Belanja Daerah Sektor Pertanian Terhadap Produk Domestik Regional Bruto Sektor Pertanian Dan Kinerja Sektor Pertanian Di Kota Malang

Marain, YonYuan (2016) Analisis Belanja Daerah Sektor Pertanian Terhadap Produk Domestik Regional Bruto Sektor Pertanian Dan Kinerja Sektor Pertanian Di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kontribusi belanja daerah sektor pertanian terhadap PDRB sektor pertanian dan kinerja sektor pertanian, RPJMD Kota Malang tahun 2013-2018 yang menyatakan bahwa sektor pertanian masih merupakan sektor yang mempunyai kontribusi di Kota Malang, sehingga sektor pertanian harus dikembangkan, dan menurunnya kontribusi PDRB sektor pertanian dan kinerja sektor pertanian di Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh belanja daerah sektor pertanian terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) sektor pertanian, menguji pengaruh belanja daerah sektor pertanian terhadap kinerja sektor pertanian, dan menguji pengaruh produk domestik regional bruto (PDRB) sektor pertanian terhadap kinerja sektor pertanian. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory yang bertujuan menjelaskan fenomena-fenomena yang terjadi berdasarkan pengetahuan yang sudah ada dengan menggunakan pengujian hipotesis, di mana, penelitian ini menyoroti hubungan antara variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang bersifat rasio, yaitu data yang memiliki sifat angka dalam arti sesungguhnya dan angka nolnya mutlak serta dapat dioperasikan secara matematika. Sumber data penelitian ini adalah data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis belanja daerah sektor pertanian, model persamaan struktural, dan PLS-SEM menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemerintah daerah, yaitu Dinas Pertanian Kota Malang dalam mengelola anggaran dan merealisasikannya relatif cukup baik. Hal ini tercermin dari kontribusi belanja daerah sektor pertanian yang memiliki pengaruh yang berarti/signifikan terhadap produk domestik regional sektor pertanian. Namun, kontribusi belanja daerah sektor pertanian ini kurang memiliki pengaruh yang berarti/signifikan terhadap kinerja sektor pertanian. Di sisi lain, produk domestik regional bruto sektor pertanian berpengaruh secara berarti/signifikan terhadap kinerja sektor pertanian. Belanja daerah sebagai input pada sektor pertanian memiliki peran terhadap peningkatan hasil produksi sektor pertanian yang berkontribusi terhadap kenaikan produk domestik regional bruto sektor pertanian, yang pada akhirnya, meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada sektor pertanian.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/336.39/MAR/a/2016/041602050
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.3 Public debt and expenditures
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 13 Apr 2016 14:53
Last Modified: 13 Apr 2016 14:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155933
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item