Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan, Sektor Kesehatan Dan Sektor Perlindungan Sosial Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Di Kalimantan Tengah

Mailassa`adah (2017) Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan, Sektor Kesehatan Dan Sektor Perlindungan Sosial Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Di Kalimantan Tengah. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan manusia ditujukan untuk meningkatkan partisipasi rakyat dalam semua proses dan kegiatan pembangunan. Keberhasilan pembangunan dewasa ini seringkali dilihat dari pencapaian kualitas sumber daya manusianya. Untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah daerah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas SDM di wilayahnya, baik dari aspek fisik (kesehatan), aspek intelektualitas (pendidikan), aspek kesejahteraan ekonomi (berdaya beli), serta aspek moralitas (iman dan ketaqwaan) sehingga partisipasi rakyat dalam pembangunan dengan sendirinya akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengeluaran sektor pendidikan, kesehatan, dan perlindungan sosial terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kabupaten/kota di Kalimantan Tengah tahun 2009-2013. Provinsi Kalimantan Tengah menduduki peringkat IPM ke tujuh dari 33 provinsi di Indonesia, tetapi keberhasilan pembangunan manusia tidak cukup hanya diukur dari tingginya capaian IPM di suatu wilayah, tetapi juga melihat kecepatan dalam peningkatan IPM dengan menggunakan Reduksi Short Fall. Nilai Reduksi Short Fall Kalimantan Tengah berada di urutan terbawah dari 33 Provinsi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kuantitatif dengan menggunakan analisis tingkat kabupaten dan kota, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel dengan menggunakan Random Effect Model. Variabel bebas yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah pengeluaran pemerintah di bidang pendidikan, pengeluaran pemerintah bidang kesehatan dan pengeluaran pemerintah bidang perlindungan sosial. Model dalam penelitian ini menggunakan pengeluaran pemerintah bidang pendidikan, bidang kesehatan, dan bidang perlindungan sosial untuk menjelaskan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikatnya yaitu Indeks Pembangunan Manusia. Hasil estimasi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengeluaran pemerintah bidang pendidikan, kesehatan, dan perlindungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Dengan demikian semakin besar pengeluaran pemerintah bidang pendidikan, kesehatan, dan perlindungan sosial semakin tinggi kecepatan perkembangan IPM.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/336.39/MAI/p/2017/041702331
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.3 Public debt and expenditures
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Apr 2017 15:38
Last Modified: 20 Apr 2017 15:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155932
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item