Hubungan Pengeluaran Pemerintah, Pertumbuhan Ekonomi Dan Pembangunan Manusia Berdasarkan Zona Geografis Dan Perekonomian Daerah Di Indonesia.

Febrianty, SiskaOliviaDewi (2017) Hubungan Pengeluaran Pemerintah, Pertumbuhan Ekonomi Dan Pembangunan Manusia Berdasarkan Zona Geografis Dan Perekonomian Daerah Di Indonesia. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pengeluaran pemerintah pada sektor pendidikan, kesehatan dan infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia, (2) mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap IPM, dan (3) mengetahui pengaruh secara langsung pengeluaran pemerintah pada sektor pendidikan, kesehatan dan infrastruktur terhadap IPM, (4) mengetahui pengaruh secara tidak langsung pengeluaran pemerintah pada sektor pendidikan, kesehatan dan infrastruktur terhadap IPM melalui pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini menggunakan sampel 504 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Penelitian ini dibagi menjadi 4 wilayah yaitu Sumatera, Jawa-Bali, Kalimantan-Sulawesi dan timur Indoensia. Masing-masing wilayah dibagi menjadi kelompok dengan PDRB per kapita tinggi, sedang dan rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Path Analysis. Hasil estimasi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kontribusi pengeluaran pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi dan IPM di masingmasing kelompok wilayah. Pengeluaran pemerintah bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur cenderung berkontribusi secara langsung terhadap IPM, sedangkan hubungannya melalui pertumbuhan ekonomi belum ditemukan signifkan. Hubungan langsung pengeluaran pemerintah terhadap IPM di zona Sumatera menunjukkan bahwa hampir seluruh pengeluaran pemerintah di kelompok PDRB per kapita tinggi, sedang dan rendah berpengaruh signifikan terhadap IPM kecuali pengeluaran kesehatan di kelompok PDRB per kapita tinggi. Di zona Jawa-Bali ketiga variabel pengeluaran pemerintah secara langsung berpengaruh signifikan terhadap IPM di semua kelompok PDRB per kapita tinggi, sedang dan rendah. Di zona Kalimantan Sulawesi dengan PDRB per kapita tinggi pengeluaran pemerintah yang berpengaruh signifikan terhadap IPM adalah kesehatan dan infrastruktur; di kelompok PDRB per kapita sedang hanya pengeluaran infrastruktur yang berpengaruh signifikan terhadap IPM; dan di kelompok PDRB per kapita rendah pengeluaran pemerintah yang berpengaruh signifikan terhadap IPM adalah pendidikan dan kesehatan.Di zona timur Indonesia dengan PDRB per kapita tinggi pengeluaran pemerintah yang berpengaruh signifikan terhadap IPM hanya kesehatan; di kelompok PDRB per kapita sedang pengeluaran pemerintah yang berpengaruh signifikan terhadap IPM adalah kesehatan dan infrastruktur; dan di kelompok PDRB per kapita rendah pengeluaran pemerintah yang berpengaruh signifikan terhadap IPM adalah pendidikan dan infrastruktur.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/336.39/FEB/h/2017/041702382
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.3 Public debt and expenditures
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Apr 2017 13:57
Last Modified: 19 Oct 2020 16:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155929
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item