Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Anggaran Belanja (Studi Pada Satuan Kerja Kementerian/Lembaga Di Lingkup Pembayaran Kppn Bojonegoro)

Setiyono, Nyoto (2016) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Anggaran Belanja (Studi Pada Satuan Kerja Kementerian/Lembaga Di Lingkup Pembayaran Kppn Bojonegoro). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor pengadaan barang dan jasa, perencanaan kegiatan, manajemen penarikan belanja dan sumber daya manusia terhadap penyerapan anggaran di satuan kerja kementerian/lembaga. Sampel penelitian terdiri atas 81 bendahara pengeluaran pada satuan kerja kementerian/lembaga di wilayah pembayaran KPPN Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan survei berupa kuisioner yang diberikan kepada bendahara pengeluaran satuan kerja kementerian/lembaga wilayah pembayaran KPPN Bojonegoro. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penyerapan adalah pengadaan barang dan jasa, manajemen penarikan belanja, dan sumber daya manusia. Pengadaan barang dan jasa dari satuan kerja yang buruk dalam pelaksanaan kegiatan cenderung memperlambat penyerapan pada satuan kerja, manajeman penarikan belanja yang sesuai dengan peraturan yang berlaku membuat penyerapan yang baik pada satuan kerja, sumber daya manusia yang memiliki keterampilan dan keahlian yang baik menyebabkan tingkat penyerapan yang tinggi pula. Faktor perencanaan kegiatan tidak berpengaruh terhadap penyerapan anggaran, hal ini disebabkan karena pengelolaan keuangan menganggap kegiatan yang bersifat formalitas dan rutinitas dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai pengelola keuangan di kementerian/lembaga yang terkait.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/336.39/FE/f/2016/041606068
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.3 Public debt and expenditures
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 19 Oct 2016 10:46
Last Modified: 19 Oct 2016 10:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155928
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item